Peringati Tahun Baru Islam, Ini yang Dilakukan Anak-anak di Dusun Dukusia

Rambipuji, pcnujember.or.id – Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriyah dilaksanakan dengan penuh haru dan suka cita oleh sejumlah anak-anak di Dusun Dukusia Desa Rambigundam Kecamatan Rambipuji.

Baca juga: Ansor Mayang Gelar Upacara HUT RI ke 76

Mereka mengadakan kirab obor dan pembacaan shalawat burdah dengan didampingi Mahasiswa KKN UIN KHAS Jember dan dikawal oleh Banser PAC Rambipuji, Sabtu (21/8/2021).

Kegiatan tersebut sebelumnya telah berkordinasi dengan kepala dusun Dukuhsia, tiga lembaga TPQ setempat, dan Banser PAC Rambipuji. “Kita memberikan penjagaan dan keamanan untuk kelancaran jalannya acara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada,” ujar Fahrur, Satkoryon Banser Rambipuji.

Selain itu, acara tersebut juga dikemas dengan pembacaan burdah dengan bantuan dari Mahasiswa KKN UIN KHAS. Salah satu tradisi ulama terdahulu yang memiliki keutamaan cukup besar. “Oboran dan pembacaan burdah keliling ini merupakan ikhtiar kita di masa pandemi ini sekaligus meningkatkan spiritual,” tambah Kholis, pemimpin pembacaan burdah saat ditemui PCNUJEMBER.OR.ID.

Baca juga: PCNU Jember Salurkan Ratusan Paket Sembako

Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, acara berjalan meriah dan guyub. Warga dan anak-anak ini berharap, kirab obor dan berdoa bersama dengan sholawat Burdah itu, pandemi segera berlalu dan tradisi ulama bisa terus dihidupkan.

Reporter: Abdullah S Yusuf
Editor: Maulana

Exit mobile version