Tanggul Berduka

0
746

pcnujember.or.id – Inna lillah wa inna ilahi rojiun, umat Islam Kabupaten Jember khususnya kecamatan Tanggul kehilangan seorang Ulama. Tokoh karismatik asal kecamatan Tanggul, KH. Mahfud Abd Hannan telah berpulang ke rahmatullah pada hari Rabu, (14/11) pukul 13.00 WIB di Rumah Sakit Daerah PTPN Jatiroto dalam usia 70 tahun.

Menurut salah satu alumni inisial “A”, “Beliau wafat akibat jatuh di kamar mandi waktu hendak berwudhu untuk menunaikan sholat Dhuhur di Masjid daerah (Kecamatan) Sumberbaru Jember”.

Kiai Hannan panggilan akrabnya, merupakan kiai rujukan warga Tanggul dan sekitarnya, terlebih tentang penentuan hari raya id, awal puasa ramadhan. Beliau pengasuh pondok pesantren Fatihul Ulum Manggisan, aktif di Majelis Wakil Cabang NU Tanggul sebagai Musytasyar dan juga sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember sampai saat ini.

Kabar duka ini langsung beredar santer melalui pesan berantai di grup-grup dan status-status WhatsApp dikalangan santri, alumni, warga Tanggul dan sekitarnya. Beliau merupakan putra Ulama Karismatik, KH. Abd Hannan pendiri pondok pesantren yang dipimpinnya.

Dikutip dari www.manggisan.com, Kiai Mahfud merupakan pengasuh generasi kedua sejak tahun 1991. Pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 1938 (versi lain tahun 1935) ini telah banyak melahirkan tokoh-tokoh berpengaruh dimasyarakat, salah satunya Kiai Muhammad Yasir yang gigih berdakwah, mengabdi di jam’iyyah Nahdlatul Ulama (NU), imam masjid besar Darul Muttaqin Tanggul dan aktif mengisi pengajian dan kajian kekampung-kampung yang ada di Tanggul dan sekitarnya.

tidak hanya itu, masih banyak juga santri yang ahli dalam ilmu falak, fiqih, dan lain sebagainya. Hingga berita ini diturunkan, pcnujember.or.id. belum berhasil mengkonfirmasi lebih mendalam dengan pihak keluarga besar almarhum. [sz]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here