Ngaji Tani, MWC NU Bangsalsari Upayakan Pendapatan Petani

Edy Siswantoro/MWC NU Bangsalsari : Diskusi pertanian oleh MWC NU Bangsalsari dengan PT Benih Citra Asia di Kantor Ranting NU Desa Tugusaru Bangsalsari, Senin (13/07/2020).

Bangsalsari, pcnujember.or.id – Memaksimalkan potensi lahan pertanian menjadi bagian dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Bangsalsari dalam meningkatkan pendapatan kelompok tani NU. Salah satunya dengan menggelar Ngaji tani bersama PT Benih Citra Asia di Kantor Ranting NU Desa Tugusari Kecamatan Bangsalsari, Senin (13/07/2020) kemarin.

Dalam Ngaji Tani  itu membahas bagaimana menjadi petani yang untung dan sukses. Sedikitnya, 30-an petani terlibat didalam nya. Mereka berasal dari petani Ranting NU Tugusari. “Mereka antusias mengikuti diskusi sambil mengkaji bagaimana menjadi petani yang sukses,” kata Fery Anggriawan Amd, bidang perikanan LPPNU PCNU Jember.

BACA JUGA : Gelar Ngaji Tani, MWC NU Wuluhan Maksimalkan Proses Penanaman Benih

Menurut Fery Anggriawan Amd, bidang perikanan LPPNU PCNU Jember, pertanian tidak sekedar aktivitas bercocok tanam, namun harus bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Ia menilai, awal pengembangan pertanian bisa melalui program kemitraan yang menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan petani NU.

Selain itu Edy Siswantoro, Sekretaris MWC NU Bangsalsari manyampaikan, rencana kedepan akan menindaklanjuti pembenihan berbagai komoditas di bidang hortikultura. Seperti cabai, timun, dan semangka. “Dengan bentuk kemitraan yang jelas, jelas kontraknya, jelas harganya, juga jelas untungnya,” jelasnya.

BACA JUGA : Perkuat Aswaja, MWC NU Panti Gelar Pengajian Rutin

Sementara itu, Wakil Ketua Tanfidziyah MWC NU Bangsalsari Wakik turut menambahkan, program kemitraan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kapasitas SDM petani NU dan sebagai upaya dalam meningkatkan pendapatan petani. “Nantinya petani tidak hanya mendapatkan pembinaan budidaya tani, namun aspek pemasarannya juga terjamin,” paparnya.

Ia berharap, Ngaji Tani bisa menambah wawasan ilmu pertanian dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani NU. “Sehingga Petani NU di Bangsalsari mempunyai banyak pilihan alternatif untuk bercocok tanam,” pungkasnya.

Reporter : Irwansyah GI
Editor : Maulana

Exit mobile version