- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
MuslimatBangun Kemandirian Pangan Keluarga Melalui Budidaya Sayuran

Bangun Kemandirian Pangan Keluarga Melalui Budidaya Sayuran

Talangsari, pcnujember.or.id- Memiliki bisnis atau usaha sampingan sendiri di rumah bisa jadi alternatif saat ini. Selain bisa dilakukan oleh siapapun, juga bisa dilaksanakan kapanpun. Seperti budidaya sayuran di rumah-rumah.

Atas alasan itu, sejumlah ibu-ibu Muslimat NU dilatih proses pembenihan dan penanaman sayuran bareng PT Benih Citra Asia, Minggu (23/08/2020) di Kantor PC Muslimat NU, Talangsari Jember. Mereka diajarkan bagaimana memanfaatkan lahan terbatas di rumah untuk bertanam sayur.

Baca juga : MWCNU Mayang Peringati Kemerdekaan Bersama Anak Yatim Piatu

Dalam pelatihan yang langsung dipimpin oleh Direktur PT Benih Citra Asia Slamet Sulistiyono itu, ibu-ibu dimaksudkan untuk membangun kemandirian pangan keluarga. Menurut Slamet, banyak jenis sayuran yang bisa dimanfaatkan. Seperti terong, tomat, cabai, oyong, sawi, bawang merah, kangkung, bayam, dan lainnya.

Sayuran-sayuran itu, lanjut Slamet, ditanam menggunakan Poly Bags di pekarangan rumah atau lahan kosong yang ada. “Selain untuk kemandirian pangan keluarga, menanam sayuran sendiri di rumah sekaligus penghijauan lingkungan,” ujar Slamet Sulistiyono yang juga wakil ketua Tanfidziyah PCNU Jember dihadapan puluhan peserta pelatihan.

Baca juga : Kesulitan Belajar Daring, IPNU Jember Berikan Bimbingan Belajar

Ibu Emi Kusminarni Ketua PC Muslimat NU Jember mengatakan, masa pandemi ini masyarakat bisa memanfaatkan hasil panen sayuran sendiri, tujuannya tentu untuk menghemat pengeluaran keluarga. “Apalagi jika bisa dijual, tentu menambah penghasilan,” pungkasnya.

Reporter : Irwansyah GI
Editor : Maulana

Berita Lainnya

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Berita Terbaru

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme