Halaqah dan Ngaji Kitab Bersama ala MWC NU Kalisat

Robi Mohammad Arifin/MWC NU Kalisat: Kajian kitab dalam pertemuan rutin di MWC NU Kalisat.

Kalisat, pcnujember.or.id Usai menggelar Harlah NU ke-95, MWC NU Kalisat kembali mengadakan kegiatan bersama di aula Kantor NU Kalisat Jumat, 5 Februari 2021, yang dihadiri segenap perwakilan ranting, banom seperti IPNU-IPPNU, Fatayat, Muslimat, dan Ansor Banser.

Pertemuan yang rutin dilaksanakan tiap Jumat pahing dalam satu bulan sekali itu, di dalamnya diisi dengan mengkaji kitab Fathul Qorib karangan Syech Muhammad bin Qasim Al Ghazziy. Dipilihnya kitab itu karena menjadi salah satu karya terbaik dalam Fiqh untuk pemula yang bisa dan cocok dipelajari untuk kalangan NU pada umumnya.

Baca juga : Optimalkan Program Kerja, MWC NU Mayang Gelar Rapat Rutin

Kiai Maksum, bertindak sebagai pemateri dalam kajian kitab tersebut. Dengan bahasa yang mudah dan penjelasan yang sederhana, membuat yang hadir saat itu lebih mudah paham dan mengerti.

Ismata Arif, Ketua IPNU Kalisat mengakui, kajian kitab seperti itu dirasa digandrungi kalangan pemuda. Bahkan ia selaku ketua di IPNU, mendukung penuh berjalannya kajian kitab seperti itu. “Kajian kitab kuning seperti ini biasanya ditemui di pesantren, namun saat itu bisa juga diterima bagi kami, kalangan muda atau lainnnya,” katanya.

Baca juga : MWC NU Tempurejo Sosialisasikan KartaNU

Ustad Mahrus sebagai Ketua Tanfidziyah juga berharap, apa yang kajian itu dapat memberikan manfaat kepada warga Nahdliyin di Kalisat. “Selain mengaji, juga bisa silaturahim. Mereka bisa saling bercerita, membahas isu-isu terkini serta bertukar ide dan gagasan untuk menjalankan roda organisasi menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

Reporter: Robi Mohammad Arifin
Editor: Maulana Al Fatih
Publisher: Irwansyah G Ibrahim

Exit mobile version