ISNU untuk Jawab Tantangan Zaman

0
280
Suasana pembentukan ISNU Desa Darungan Kec. Tanggul

PCNU Jember – Dalam rangka menjawab perkembangan zaman, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama’ Darungan membentuk Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama’ (ISNU) Desa Darungan pada hari Senin, (1/6) di Musholla Aba Zainul Pakeman Dusun Jumbatan desa Darungan Kec. Tanggul dengan suasana kekeluargaan.

Dalam laporan panitia pelaksana, yang disampaikan oleh Syaifudin Zuhri, adapun isinya sebagai berikut : “Pertama, ucapan terimakasih kepada tuan rumah atas keikhlasan dan kehangatan dengan kehadiran kami untuk ditempati pertemuan penting ini, permohonan maaf atas segala kekurangan dalam acara ini, dan ini merupakan bersejarah dalam perjalanan desa Darunganini.

Kedua, Latar Belakang Pembentukan ISNU mengacu pada Pasal 19, ayat (7), huruf c AD/ART NU, Pasal 10, dan Pasal 38 PD/PRT ISNU. Ketiga, Wacana pembentukan ISNU Darungan muncul pada tahun 2017, tetapi karena menunggu ISNU Tanggul (yang dibentuk pada hari Sabtu Malam Ahad, 14 Ramadhan 1440 H / 18 Mei 2019 Mdi Kantor MWC NU Tanggul. Red), hal ini dilakukan sebagai bagian ketaatan kami kepada konstitusi NU dan ISNU. Keempat, Membantu program NU dalam menjawab permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang pemikiran / mindsite dan kualitas nahdliyyin, membantu program pemerintahan desa dibidang tertentu, ikut mengawal pembangunan desa, rekomendasi kepada Internal (ISNU dan NU) dan Eksternal (PEMDES dan Masyarakat). Dan kelima, data terkini NU Darungan (sampai 28 Juni 2019.Red), warga desa Darungan yang masih kuliah ada13 orang, Diploma (D-I sampai D-IV) 9 orang, sarjana 56 orang, sedangkan lulusan Pascasarjana (S.2) ada 5 orang” paparnya kepada Suara NU Jember.

Dalam arahannya, Ust. Abu Hasan Toyyib, Ketua NU Darungan, menyampaikan bahwa, “Siapapun yang terpilih nanti bisa membawa ISNU serta dapat mempertahankan dan membantu acara NU Darungan, dan acara ISNU tidak berbenturan dengan acara NU. pesan kami, pertama, dahulukan akhlakul karimah, tebarkan salam, dan Selalu koordinasi dalam kegiatan ISNU.” Ujar Alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Besuk, Kejayan, Pasuruan ini.

Dalam session pembahasan tatatertib yang dipimpin oleh bapak Sofiudin, S.H.I. Sekretaris ISNU Kec. Tanggul, ada beberapa revisi dalam tata tertib tentang quorum musyawarah dan syarat / criteria Ketua, namun secara umum berjalan dengan lancar sejak pukul 10.07 WIB dan berakhir pukul 10.33 WIB.

Dalam session pemilihan ketua ISNU setelah melalui diskusi yang cukup alot, atas usulan peserta musyawarah akhirnya mengerucut kepada 4 kandidat diantaranya :Haris Sanjaya, S.Pd., Hasan Basri, S.Ud., M.Ag., Abdul Karim, S.Pd., Muhammad Holili, S.Pd., dan Nurul Hidayat, S.Pd.

Terpilih sebagai ketua ISNU Darungan, bapak HasanBasri, S.Ud., M.Ag. dengan perolehan 8 suara, mengungguli kandidat yang lain, yaitu bapak Haris Sanjaya 3 suara, Abdul Karim 1 suara, Muhammad Holili 2 suara, dan Nurul Hidayat 1 suara.

Acara ini juga dihadiri oleh Ust. Abd. Rozaq (Wakil Katib Syuriyah NU Darungan), dan calon anggota ISNU yang tersebar dari berbagai 4 dusun di desa Darungan.

Berikut nama-nama Tim Formatur penyusunan Pengurus Ranting ISNU Desa Darungan masak hidmat 2019-2022.
1. Koordinator Tim : Hasan Basri, S.Ud., M.Ag (KetuaTerpilih)
2. Anggota Tim : Haris Sanjaya, S.Pd. (Dusun Gondang)
3. Anggota Tim : Abdul Karim, S.Pd. (Karangjati dusun Krajan)
4. Anggota Tim : Muhammad Holil, S.Pd. (Kidul kebun dusun Krajan)
5. Anggota Tim : Nurul Hidayat, S.Pd. (Plalangan dusun Jumbatan)
6. Anggota Tim : Indra Azizah, S.Pd.Paud (Karang sengon dusun Sumberbulus)
7. Anggota Tim : Lilik Purwati, S.Pd. (Plalangan dusun Jumbatan)
8. Anggota Tim : Ahmad Anshori, S.Ag (Karanganyar Dusun Sumberbulus)
9. Anggota Tim : Sofiudin, S.H.I. (Sekretaris ISNU Tanggul). (Udin)