Membangun Kemandirian Ekonomi Warga NU Dengan Program Kemitraan

0
367
Ovi Faisol Arief /LPPNU Jember : Sosialisasi program kemitraan pertanian di PT Benih Citra Asia Ajung, Sabtu (20/6/2020).

AJUNG, pcnujember.or.id – Lembaga Pengembangan Pertanian (LPPNU) Jember menggelar sosialisasi program kemitraan bersama PT Benih Citra Asia di Ajung, Sabtu (20/6/2020). Kerjasama dengan salah satu PT yang bergerak di pembenihan pertanian unggul itu menjadi langkah awal dalam upaya memperkuat perekonomian warga Nahdliyin, khususnya di bidang pertanian.

Ketua LPPNU Jember Ovi Faisol Arief disela-sela kegiatan mengatakan, program kemitraan yang digelar oleh LPPNU ini dikuti oleh MWC NU se-Jember. “Saat ini baru ada 11 MWC dari 27 MWC NU yang ada di PCNU Jember, ke depannya nanti bisa lebih banyak lagi,” ujarnya.

BACA JUGA : Perkuat Spiritual, MWC NU Silo Rutinkan Kajian Kitab Riyadus Sholihin

Menurutnya, pada program tersebut, warga Nahdliyyin diajarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui jalur kemitraan. peserta yang mengikuti program kemitraan diberikan edukasi seputar pengujian mutu benih, budidaya pertanian, dan akses pasar yang menjanjikan.

Selain itu, lanjut Ovi Faisol, program tersebut juga berorientasi jangka panjang dan berkelanjutan. Karena itu, kedepan pihaknya turut mengupayakan menyisir ke setiap MWC NU dan lembaga-lembaga NU yang ada di Jember lainnya.

“Responsnya positif, karena memang mayoritas orang NU adalah petani. Ke depan ini bisa mensejahterahkan perekonomian warga Nahdliyyin, juga membangun kemandirian ekonomi lembaga NU,” harapnya.

BACA JUGA : Pentingnya Penguatan Spritual di Era Kenormalan Baru

Sementara itu, Wakil Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember yang sekaligus Direktur Utama PT Benih Citra Asia Ajung, H Selamet Sulistiyono menilai, program sosialisasi kemitraan itu dianggapnya penting. Salah satunya adalah akses pasar dengan harga terjamin.

“Kalau kita, sebagai warga Nahdiyyin dengan semangat dan komitmen mengikuti program kemitraan ini, insyaAllah pertumbuhan ekonomi umat bisa membaik dan kemandirian ekonomi NU dapat terwujud,” pungkasnya.

Reporter : Irwansyah GI
Editor : Maulana