MWC NU Sumberbaru Jember Resmikan Lembaga Falakiyah, Perlebar Kiprah dalam Penghitungan Hisab dan Rukyah

(Foto MWC NU Sumberbaru. Kepengurusan LFNU MWC NU Sumberbaru yang baru)

Sumberbaru, pcnujember.or.id – MWC NU Kecamatan Sumberbaru memperkuat kiprah dalam bidang hisab dan rukyah. Hal itu diwujudkan dengan dibentuknya pengurus Lembaga Falakiyah MWC NU Sumberbaru, di Kantor MWC NU Sumberbaru, Jember, Senin malam, 23 September 2024.

Pembentukan pengurus LFNU MWC NU Sumberbaru itu menjadi langkah penting NU untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait ilmu falak, khususnya dalam penentuan hari-hari penting. Seperti penentuan awal bulan hijriah, gerhana, dan arah kiblat.

Dalam kepengurusan baru ini, Ust. Masturoh ditunjuk sebagai Ketua LFNU MWC NU Sumberbaru. Lalu, Ust. Abd. Hadi, sebagai wakil ketua dan Ust. Sugianto sebagai sekretaris. Pengurus lainnya mencakup Ust. Hafidz Alhaqiqi sebagai wakil sekretaris, serta Ust. Sonhaji dan Ust. Hairul Ulum sebagai bendahara.

Ketua Tanfidziyah MWC NU Sumberbaru, Ustadz Khotib Ali, berharap agar Lembaga Falakiyah ini dapat memberikan solusi terkait hisab dan rukyah. Khususnya di wilayah Kecamatan Sumberbaru, Jember.

“Harapannya, LFNU ini bisa menjadi acuan bagi warga NU dalam menentukan waktu ibadah dan memajukan ilmu falak. Kekompakan pengurus harus terus terjaga, agar setiap persoalan terkait hisab dan rukyah dapat diatasi dengan baik,” pintanya.

Dukungan juga disampaikan oleh Ketua LFNU PCNU Jember, Ustadz Baihaqi, yang berharap kehadiran pengurus baru ini dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat Sumberbaru. “Semoga terbentuknya LFNU ini, persoalan hisab dan rukyah di kalangan warga NU dapat diselesaikan bersama-sama,” tambah dia.

Pembentukan pengurus LFNU ini juga diharapkan dapat memperkuat peran NU dalam pengembangan ilmu astronomi. Tidak hanya di Sumberbaru tetapi juga di seluruh Kabupaten Jember. “Keberhasilan lembaga ini sangat bergantung pada kerja sama dan semangat kebersamaan dari seluruh pengurus yang telah terpilih,” pungkasnya.

 

Reporter: Eko Wahyudi

Editor: MaulanaP

Publisher: Irwansyah GI