Festival Hadrah, Cara MWC NU Kaliwates Meriahkan Maulid Nabi Muhammad Saw dan HSN 2024

Gelaran festival hadrah yang diselenggarakan oleh MWCNU Kaliwates. (Pcnujember.or.id/Mochammad Najibulloh)

Kaliwates, pcnujember.or.id – Dalam rangka memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan Hari Santri Nasional (HSN) 2024, Pengurus MWC NU Kaliwates menggelar sejumlah rangkaian acara. Salah satunya festival hadrah yang dilangsungkan pada Sabtu (12/10/2024), di halaman Kantor MWC NU Kaliwates.

Ketua Panitia Sabiq Ibnul Arabi mengatakan, kegiatan ini merupakan perdana yang diadakan oleh pengurus, dengan membentuk panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), di awal-awal sebelum acara dilangsungkan.

“Lomba hadrah ini merupakan rangkaian Hari Santri 2024 sekaligus memeriahkan Maulid Nabi Muhammad Saw yang perdana digelar MWC NU Kaliwates,” ungkapnya.

Dihadiri ketua Tanfidziyah PCNU Jember KH. Saiful Bahri, lomba ini diikuti oleh seratus lebih peserta dengan 14 grup hadrah dari berbagai aliran, sebagaimana namanya, Festival Hadrah.

Gelaran festival hadrah yang diselenggarakan oleh MWCNU Kaliwates. (Pcnujember.or.id/Mochammad Najibulloh)

Menurut Sabiq, lomba hadrah merupakan kegiatan dalam rangka memeriahkan hari santri yang patut dibanggakan oleh warga Nahdliyyin. “Maka sebagai santri, kita harus bisa bangga dan ikut memeriahkan,” katanya.

MWC NU Kaliwates telah mengadakan beberapa acara sebelum festival hadrah ini. Diantaranya, tasyakuran peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dengan mengundang Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Jember, KH. Robith Qosidi, dan dihadiri dari berbagai ranting NU, banom NU, lembaga NU sebagai bentuk peran serta.

“Kami sebagai panitia tidak merasa lelah setelah melihat antusiasme peserta dan tetap menjalankan tanggung jawab dalam mengadakan kegiatan acara hari santri dari awal hingga saat ini,” imbuh pria yang juga ketua Lazisnu Kaliwates ini.

Sabiq menambahkan, kegiatan tersebut akan dievaluasi agar kedepannya bisa lebih baik lagi dan bisa istiqamah. “Harapan kami kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan MWC NU Kaliwates, tentunya dengan adanya kerja sama yang lebih jelas dengan tokoh, baik itu bentuk fasilitas ataupun promosi,” harapnya.

Shobirin, salah seorang peserta lomba mengaku mengapresiasi dan bangga atas terselenggaranya festival tersebut. “Selain untuk memotivasi diri dan teman-teman, saya juga bisa tahu bahwa banyak majelis atau grup hadrah lain yang berbakat di Kaliwates,” tuturnya.

Reporter : Mochammad Najibulloh
Editor: Maulana
Publisher: Irwansyah GI