- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
BeritaGelar Vaksinasi, MWC NU Patrang Dukung Terwujudnya Kekebalan Bersama

Gelar Vaksinasi, MWC NU Patrang Dukung Terwujudnya Kekebalan Bersama

Patrang, pcnujember.or.id – Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Patrang dan seluruh banomnya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember menyelenggarakan vaksinasi massal di PP Ar-Roudhoh Kecamatan Patrang, Sabtu (18/09/2021).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah dalam memutus rantai penularan Covid-19 melalui pemenuhan percepatan vaksinasi sekaligus membantu terwujudnya herd immunity atau kekebalan bersama.

Dalam acara tersebut tampak hadir Camat Patrang beserta kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Serta peserta vaksinasi dari masyarakat sekitar yang belum pernah divaksin. Dimulai sejak pagi pukul 08.00 WIB, penerima vaksin berjumlah 300 orang.

Yunike Wulandari/MWC NU Patrang: Giat vaksinasi MWC NU Patrang.

Sebelum divaksin, setiap peserta diharuskan mendaftar untuk mengisi biodata. Kemudian, tenaga medis melakukan screaning terhadap calon penerima vaksin dengan mengecek tekanan darah dan gula darah untuk memastikan kondisi kesehatan, petugas juga menanyakan beberapa hal terkait sakit yang dialami dan riwayat penyakit calon penerima vaksin.

“Calon peserta vaksin yang tidak memenuhi kriteria yang sesuai dengan ketentuan vaksin, maka dianjurkan untuk menunda vaksinasi,” terang Ida Nuril Imama, panitia acara saat itu.

Penyuntikan vaksin sendiri menggunakan jenis vaksin Sinovac dan Astrazenica. Proses penyuntikan tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya dalam hitungan beberapa detik.

Tahap selanjutnya adalah tahapan observasi. Petugas memanggil penerima vaksin dan menanyakan reaksi yang dirasakan. Selanjutnya, petugas memberikan tanda bukti telah divaksin pada kartu vaksinasi penerima. Penerima vaksin diminta melaporkan kepada tenaga medis jika merasakan efek samping melalui nomor telepon yang tertera pada kartu vaksinasi Covid-19. Kartu vaksinasi harus dibawa saat vaksinasi tahap kedua sesuai dengan jadwal dan lokasi yang telah ditentukan.

Selesai melakukan vaksinasi, peserta mendapatkan pesan singkat dari nomor 1199 yang menyatakan telah berhasil melakukan vaksinasi. “Alhamdulillah tepat pukul 12.00 WIB, vaksinasi selesai dan berjalan lancar,” tukasnya.

Reporter: Yunike Wulandari
Editor: Maulana

Berita Lainnya

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Berita Terbaru

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme