banner 728x250

Aksi Bersih-bersih Sedunia, IPNU-IPPNU Kalisat Kampanyekan Jaga Lingkungan

Ismata Arif Gautama/MWC NU Kalisat: Peringatan World Clean Up Day Internasional di Kecamatan Kalisat.
banner 120x600

Kalisat, pcnujember.or.id – Terhitung selama satu pekan kemarin, Rekan-Rekanita IPNU-IPPNU sukses ikut serta dalam kegiatan sosial di tiga waktu dan tiga tempat sekaligus. Dimulai pada Kamis (16/09/2021) melakukan bagi-bagi masker gratis di lingkungan pasar Kalisat, yang bekerja sama dengan petugas pasar serta Muspika Kalisat.

Berikutnya, pada Jum’at (17/09/2021), melakukan agenda Jumat Sedekah yaitu dengan membagikan sembako kepada yang membutuhkan bersama dengan pengasuh Pesantren Al Munawwiriyah, di lingkungan masjid sekitar Terminal kalisat.

banner 325x300

Dan dihari Sabtu (18/09/2021), ditutup dengan agenda World Clean Up, bersama Relawan Info Warga Jember (IWJ) Korwil Kalisat, adik-adik SD Unggulan Nurul Huda, Pramuka, Pagar Nusa dan sejumlah unsur relawan lainnya.

Dalam kegiatan hari bersih-bersih sedunia saat itu, IPNU-IPPNU dan adik-adik SD Unggulan Nurul Huda dan Pagar Nusa, kebagian membersihkan daerah Pasar Kalisat. Menggunakan sarung tangan dan kantong kresek, mereka mengumpulkan sampah organik ataupun non organik.

“Trend relawan dari tahun ketahun dalam acara World Clean Up ini selalu meningkat. Indikasinya masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya mengolah sampah. Karenanya, mari kita support bersama agar lingkungan kita bersih,” kata Regar, Plt Camat Kalisat, saat memberikan sambutan bersama Muspika Kalisat.

Sekretaris IPNU PAC Kalisat Rekan Aldi mengatakan, kegiatan semacam itu dimaksudkan agar semua unsur bisa lebih peka dan lebih peduli terhadap lingkungan. Khususnya kepedulian terhadap sampah.

Sebagai bagian dari organisasi kepemudaan, dia mengaku sangat mendukung dan antusias dengan agenda tersebut. “Minimal ada satu hari saja, seperti ini. Dimana kita begitu peduli akan kebersihan lingkungan,” ucapnya.

Acara berjalan lancar. Semuanya tampak kompak dan bersemangat, hingga sampah yang berhasil dikumpulkan mencapai satu truk. Berikutnya, sampah-sampah tersebut akan diangkut lagi ke tempat pembuangan akhir.

Reporter: Ismata Arif Gautama
Editor: Maulana

banner 325x300