banner 728x250

Lazisnu Semboro Gandeng KUA Galakkan Zakat Produktif untuk Para Mustahiq

(FOTO. MWCNU Semboro. Gerakan zakat produktif, PC Lazisnu Jember, di Aula KUA Kecamatan Semboro, Selasa, 02/04/24).
banner 120x600

SEMBORO, pcnujember.or.id – Gandeng instansi KUA, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Semboro, lakukan gerakan zakat produktif untuk kesejahteraan mustahiq, yang dihadiri langsung PC Lazisnu Jember di Aula KUA Kecamatan Semboro Jember, pada Selasa (02/04/24).

 

banner 325x300

Ketua Lazisnu Semboro Anton menguraikan, acara ini digelar guna meningkatkan eksistensi Lazisnu dalam pengelolaan zakat yang trasnparan dan tepat sasaran, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua MWC NU, dan pengurus ranting Lazisnu se-wilayah Kecamatan Semboro.

 

“Zakat produktif terkait dengan pemberdayaan mustahiq (penerima zakat) agar memiliki sumber penghasilan dengan memanfaatkan zakat sebagai modal usaha,” kata Anton, kepada pcnujember.or.id.

(FOTO. MWCNU Semboro. Gerakan zakat produktif, PC Lazisnu Jember, di Aula KUA Kecamatan Semboro, Selasa, 02/04/24).

Menurut dia, pemberdayaan mustahiq dalam memanfaatkan zakat sebagai modal usaha agar dapat meningkatkan ekonominya.

 

Misalnya, dana zakat dipergunakan untuk modal usaha kecil dan menengah, dan pemberian bibit hewan ternak untuk dibudidayakan. “Saya kira pemanfaatan zakat yang seperti itu jauh lebih manfaat dibanding zakat untuk konsumtif,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala KUA Semboro Multazam mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Lazisnu Semboro yang terus menjadikan Lazisnu sembagai lembaga Amil yang kredibel dan amanah.

 

“Kehadiran Lazisnu ini terbukti menjadi lembaga Amil yang dapat dipercayai masyakarat dalam mendermakan hartanya, dan pengelolaan yang transparan ini yang harus di apresiasi,” kata Multazam, dalam sambutannya.

 

Dia menambahkan, lembaga amil zakat di butuhkan sebagai salam satu lembaga sosial yang tujuan dari kinerjanya bisa memberikan manfaat dan mensejahterakan masyarakat miskin. Sehingga hidup mereka lebih berdaya.

 

“Program pemberdayaan yang digagas oleh Lazisnu ini sejalan dengan program KUA yang sama-sama memberdayakan masyakarat. Karenanya, KUA siap berkolaborasi program kerja dengan Lazisnu,” pungkasnya.

 

Reporter: Nurul Hidayah

Editor: Maulana

Publisher: Irwansyah GI

banner 325x300