PCNU Jember Buka Pendaftaran PKPNU

2
670
Salah satu Pengurus Cabang saat mendaftar ke Kabtor PCNU Jember

Kegiatan Pelatihan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama(PKPNU) yang akan dilaksanakan PCNU Jember pada 12 – 14 Januari 2018 bertempat di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember yang saat ini di Pimpin oleh KH. Muhyiddin Abdusshomad.  Pendaftraran mulai dibuka pada tanggal 15-25 Desember 2017 yang disambut dengan sangat antusias oleh setiap anggota NU, utamanya para pengurus, Baik tingkat Ranting, MWC terlebih pengurus Cabang sendiri yang belum menempuh jenjang pengkaderan tersebut.

Penguatan kadesisasi sangat penting dalam setiap organisasi, begitu pula di Nahdlatu Ulama sebagai salah satu diantaranya. Program ini dilaksanakan bertujuan supaya kader dapat melestarikan tradisi dan nilai-nilai yang diwariskan oleh para pendiri NU, dan untuk memcetak kader-kader militan yang berwawaan luas utamanya dalam ajaran Islam Ahlussunnah Wal jama’ah dan pula dapat mengurus organisasi NU diwilayah masing-masing secara profesional.

Terlebih, dalam Anggaran rumah Tangga (ART) Nahdlatul Ulam BAB XIII tentang Syarat Menjadi Pengurus Pasal 39 Ayat 4 menyatakan untuk bisa menjadi pengurus tingkat Cabang harus sudah pernah mengikuti pendidikan kaderisasi. Teks aslinya berbunyi “untuk menjadi Pengurus Cabang harus sudah pernah menjadi pengurus harian atau pengurus harian Lembagatingkat Cabang, dan/atau pengurus harian di tingkat MWC, dan/atau pengurus harian Badan Otonom tingkat cabang serta sudah pernah mengikuti pendidikan kaderisasi”.

Ayat terkait kaderisasi tersebut ditegaskan oleh ayat 7 pada bab dan pasal yang sama, dinyatakan bahwa “terkait dengan peraturan kaderisasi akan dilakukan secara efektif tiga tahun setelah muktamar”.

Oleh sebab itu, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama kabupaten Jember melaksanakan jenjang kaderisasi tersebut untuk mengoptimalkan jalannya roda organisasi dan hal itu merupakan ketaatan pada peraturan organisasi. Sehingga pada program ini, para pengurus yang sudah mengikuti PKPNU dari Pengurus Cabang Jember menbentuk susunan kepanitiaan sebagai berikui:

      Ketua Panitia              : Dr. H. Abdul Hamid Pujiono, M.Ag

      Sekretaris                    : M. Holili, M.Pd.I

      Bendahara                   : Taufik Hidayat, M.Pd

      Seksi Pengarah           : H. Misbah Salam, M.Pd.I

                                                Ach. Dawam Wahid

                                                Dr. Nur Harisudin, M.Fil

      Seksi Acara                  : HM. Muhtar Sanusi Fadilah, S.Ag

      Seksi Perlengkapan     : K. Yazid Khobir         

Sedangkan ketentuan bagi yang ingin mengikuti acara PKPNU sebagai berikut:

  1. Mengisi formolir yang telah disediakan di kantor PCNU Jember
  2. Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
  3. Bersedia mengikuti pelatihan secara aktif dan penuh
  4. Infaq minimal Rp. 150.000

Adapun fasilitas yang didapat oleh peserta adalah:

  1. Nara sumber dari PBNU
  2. Kaos PKP NU
  3. Sertifikat
  4. Seminar Kit
  5. Konsumsi selama pelatihan.[Rdl]

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here