Program Bimbingan Perkawinan dalam Menjaga Keutuhan Keluarga

0
73

Jember, 27 November 2019. “Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jember dan Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Cabang Jember. Melaksanakan Program Kerjasama Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi calon Pengantin Angkatan VII Tahun 2019 di Aula PCNU Jember.

Kata Taufik, (Selaku Wakil Sekretaris PCNU Jember dan Pembina LKKNU). “Bertengkar dalam rumah tangga sudah biasa terjadi, bahkan sedikit-sedikit bilang cerai.”

Taufik Jelasnya, “Adanya Bimbingan Perkawinan ini untuk antisipasi agar bisa mengatasi segala permasalahan keluarga. Hal ini membantu dalam menyelesaikan konflik keluarga dan keterampilan hidup menghadapi tantangan global, dengan life skill dan soft skill. Sehingga perjalanan rumah tangga bisa berjalan dengan baik

Muhammad ( KA. Kemenag Jmber ) menjelaskan,“Ada dua macam Bimbingan Pra Nikah, yaitu Bimbingan Mandiri dan Bimbingan Tatap Muka. Bimbingan Tatap Muka dilakukan selama dua hari, peserta diberi buku modul, makan dan snack tanpa dipungut biaya alias gratis,” Ujarnya.

Subakri Selaku Ketua LKKNU, menyampaikan, “Bimbingan Perkawinan Pra Nikah ini diharapkan menjadi keutuhan keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warohmah. Dengan diberikannya bekal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan calon manten nantinya dapat menjalankan proses berkeluarga dengan baik tampa adanya perceraian, adanya bimwin ini Sekaligus menurunkan angka perceraian yang ada.”

Lanjut Subakri “Harapan tersebut tidaklah berlebihan karena di BIMWIN diberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan, tidak saja tentang hak dan kewajiban suami dan istri saja, tetapi juga diberikan materi pemahaman agama yang menyadarkan calon suami dan calon isteri tentang makna aqad nikah serta tanggung jawab masing-masing pasangan,” jelasnya.