Pesantren Go Digital, One Pesantren One Product

0
168
Rol/ Irwan, Pelatihan Pesantren Go Digital

JEMBER,pcnujember.or.id 21 Desember 2019. Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jember, mendidik santri  untuk menumbuhkan wirausaha yang kreatif dan hal-hal baru di Tanah Air.

Salah satunya dengan menjalankan program pelatihan Pesantren Go Digital dengan E-Commerce bersama SHOPEE dan Menumbuhkan Wirausaha Santri oleh Presiden Direktur PT. Benih Citra Asia/Bintang Asia.

Pelatihan ini bertempat di Ruang Meeting PT. Benih Citra Asia – BCA Wirowongso Ajung Jember. Mulai pagi hari sudah dipadati oleh para santri juga Pengurus Pondok Pesantren untuk mengikuti pelatihan. Peserta yang mengikuti pelatihan terdiri dari 60 peserta, dan peserta tidak hanya dari Jember tetapi juga Probolinggo, Lumajang, Bondowoso dan Banyuwangi.

Antusiasme peserta sangat baik dan responsif, terlihat dari tidak ada satu peserta pun yang beranjak pergi hingga berakhirnya acara. Ini menunjukkan jika kaum santri millenial siap untuk tumbuh dan mengembangkan perekonomian Pesantren.

Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jember, Heri Purnomo S, SE, MM., Menjelaskan, “ program Pesantren Go Digital, santri masa kini dituntut untuk tidak hanya mendalami ilmu agama, tetapi juga mampu berwirausaha dan membangun perekonomian pesantren yang lebih maju melalui bisnis online/marketplace ini.”

Hal ini merupakan upaya konkret yang dilakukan Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jember, untuk mendorong jiwa wirausaha para santri, antara lain memfasilitasi dengan memberikan dedikasi melalui pelatihan-pelatihan wirausaha. Sehingga setiap pesantren akan memiliki produk ( barang jual ) sendiri-sendiri.

Lanjut Heri Purnomo S, SE, MM.,” Saya yakin Pondok pesantren memiliki potensi pemberdayaan ekonomi yang besar, karena Kemerdekaan Negara Indonesia adalah hasil perjuangan santri, negara yang maju bergantung pada kekuatan ekonomi, kemajuan indonesia di era digital ini bergantung pada semangat para santri dalam berwirausaha.”