Jas Hijau, Jangan Sekali-kali Lupakan Jasa Ulama

Sambut Pemilukada 2020, PC IPNU Gelar Camp Demokrasi

Fatkhul/IPNU Jember: Kemah demokrasi sukses Pemilukada 2020 PC IPNU Jember bersama KPU Jember di Gazebo Gunung Pasang Panti, Sabtu ( 25/07/2020).

Panti, pcnujember.or.id – Menyambut pelaksanaan Pemilihan kepala darah serentak 2020, Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jember Gelar Camp atay Kemah Demokrasi bersama KPU Jember di Gazebo Gunung Pasang Panti, Sabtu (25/07/2020).

Kemah yang bertajuk ‘Pemilih cerdas Jember berkualitas’ itu membahas penting nya masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilukada 2020. Sedikitnya 30-an peserta yang terlibat didalamnya. “Mereka antusias mengikuti diskusi sambil mengkaji bagaimana mensukseskan pesta demokrasi,” kata Andi Wasis, KPU Jember.

Baca juga : Bahtsul Masail NU Jenggawah: Nikah Online Tetap Sah

Menurutnya, kondisi Covid-19 yang menjadi tantangan Pemilukada 2020 ini, para pelajar memiliki peran penting dalam mewujudkan demokrasi, salah satunya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya partisipasi langsung dalam Pemilukada 2020.

Dalam kesempatan itu pula, ia mengajak para pemuda yang ingin mendaftarkan dirinya sebagai relawan demokrasi. “Kegiatan ini sangat bagus untuk meningkatkan pemahaman proses demokrasi yang akan berlangsung desember nanti” paparnya.

Baca juga : PCNU Jember Siapkan Proker Lembaga dan Badan Khusus

Sementara itu, Ketua Cabang IPNU Jember, Muhammad Ardi Wiranata menambahkan, kemah demokrasi ini dilaksanakan dalam rangka mengingatkan pentingnya membangun konsolidasi khususnya pelajar. Agar memberikan pemahaman kepada masyarakat sipil sebagai upaya meningkatkan partisipasi langsung dalam demokrasi melalui pilkada.

Ia berharap, kualitas demokrasi Jember semakin meningkat. Dan pelajar khususnya bisa menjadi agen relasi dalam mengawal jalannya demokrasi. “Sehingga dapat membangun pemilih cerdas sekaligus meminimalisir terjadinya kecurangan pemilu atau pilkada,” pungkasnya.

Reporter : Irwansyah GI
Editor : Maulana