Nusantara Berkurban di LAZISNU Jember, Picu Tetangga Ikut Berkurban

0
223
Edi/Lazisnu : Nusantara Berkurban” oleh PC LAZISNU Jember digelar serentak di lima titik.
Saling Berbagi Pengalaman Dua Pengurus ASWAJA NU Center Jember – Kencong

Tak sekedar melaksanakan kurban. PC LAZISNU Jember melakukan survey terlebih dahulu sebelum hewan kambing datang. Tujuannya agar lokasi penyembelihan sesuai dengan sasaran distribusi sehingga diharapkan memberi manfaat lebih bagi masyarakat sekitar titik penyembelihan.

“Sehingga diputuskan lima lokasi penyembellihan, yaitu kantor PC NU Jember; kantor MWC NU Jenggawah; Pesantren Miftahul Ma’arif Jenggawah; Desa Kamal Arjasa; dan Desa Biting, Arjasa,” papar Rosyid.

Penyembelihan dilakukan serentak pada hari Ahad (02/08). Di setiap titik, kambing dijadikan 20 hingga 25 paket untuk selanjutnya dibagi-bagikan kepada masyarakat.
“Walau hanya sedikit, namun daging kurban itu sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi di musim pandemi Corona seperti saat ini. Sebab, Corona tidak hanya menelan korban jiwa tapi juga sangat mengusik kelancaran perputaran roda ekonomi masyarakat,” ujar pria yang juga dosen di IAIN Jember ini.

Baca juga : Lukisan Logo NU Menghiasi Dinding Kantor PCNU Jember

Tidak sekedar memberikan daging kurban. LAZISNU Jember juga menambah paket sembako untuk setiap penerima daging kurban. “Agar bisa sekaligus penambah gizi bagi penerima,” lanjut Rosyid.

Kehadiran program “Nusantara Berkurban: Solidaritas Tanpa Batas” oleh LAZISNU Jember, rupanya juga membawa efek simultan. Seorang tokoh NU yang akhirnya membeli kambing untuk dikurbankan karena tetangga di sebelahnya sudah dapat kambing dari program tersebut.

“Kurban dari LAZISNU alhamdulillah bisa memancing warga lain untuk ikut menambah kurban. Katanya biar distribusi lebih merata, jadi sekalian ditambah hewan kurbannya,” pungkas Rosyid.

Reporter : Faizin 
Editor : Adi