Ujian Kenaikan Tingkat, Santri Pagar Nusa Tegaskan untuk Mengawal Kiai

0
199
Hasibatur Rohmah/MWC NU Rambipuji: Para pesilat dari PSNU Pagar Nusa Rambipuji.

Rambipuji, pcnujember.or.id – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa, Kecamatan Rambipuji kembali menggelar Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Ahad (13/06/21).

Sebanyak 22 santri putra dan putri yang mengikuti UKT itu, 8 diantaranya naik tingkat dari kuning ke merah. Lalu 7 santri naik tingkat dari hijau ke kuning. Dan 7 lainnya naik tingkat dari polos ke hijau kecil.

Ketua Panitia UKT Ainul Yaqin menjelaskan, UKT saat itu diikuti oleh beberapa ranting. Yakni Rayon Nogosari, Rayon As Syafi’i, Rayon Spada, dan Rayon Gayam. “UKT diikuti oleh santri setelah mereka menjalani latihan selama beberapa bulan, dan telah belajar beberapa macam teknik silat,” jelasnya.

Baca juga : Lestarikan Salah Satu Tradisi NU, ini yang Dilakukan Ansor Jenggawah

Saat UKT itu pula, sejumlah pendekar dari PAC lain juga turut hadir memeriahkan agenda tersebut. “Diadakannya tes UKT ini juga untuk menambah semangat latihan para santri PSNU,” tambahnya.

Hasibatur Rohmah/MWC NU Rambipuji: Para pesilat dari PSNU Pagar Nusa Rambipuji.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pimpinan Anak Cabang Rambipuji Rudi Suncoko menyampaikan bahwa semua santri Pagar Nusa diharapkan agar senantiasa menjaga komitmen dan nama baik perguruan dengan mengedepankan etika dan norma. “Serta selalu mejaga aqidah ahlu sunnah wal jamaah dan siap membentengi kiai,” terangnya.

Sementara itu, salah satu pelatih PSNU Muhammad Zainuddin juga menambahkan tentang tujuan dibentuknya Pencak Silat Nahdlatul Ulama tersebut. Menurut dia, dibentuknya Pencak Silat Pagar Nusa itu bertujuan luhur, salah satunya membantu para Kiai dalam dakwah. “PSNU ini diutus untuk mengawal para Kiai,” tuturnya.

Reporter: Hasibatur Rohmah

Editor: Maulana Al Fatih

Publisher : Irwansyah GI