banner 728x250

Sunnah Rasul di Hari Jumat

Jum'at Mubarokah, pcnujember.or.id
banner 120x600

Sebagi umat Nabi Muhammad SAW, sepatutnya kita bersyukur, karena Allah SWT, memberikan hari yang paling istimewa bagi umat Islam, yaitu hari Jumat. hari yang disebut sebagai sayyidul ayyam dari pada hari-hari lain dalam satu minggu. hari yang juga di sebut sebagai hari rayanya orang mukmin, dan hari yang paling utama setelah hari Arafah.

Banyak keutamaan-keutamaan di hari Jumat yang mungkin belum diketahui atau belum diamalkan oleh kita, padahal belum tentu kita masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan hari Jumat yang akan datang.

banner 325x300

Inilah sunnah Rasul dan keutamaan-keutamaannya di hari Jumat yang disebutkan di dalam beberapa Hadits:

  1. Dileburnya Dosa Antara Jumat Hingga Jumat Mendatang

Rasulullah SAW, bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال “الصلوات الخمس والجمعة إلى الجمعة ورمضان إلى رمضان مكفرات  لما بينهن إذا اجتنبت الكبائر” . رواه مسلم

Diceritakan dari Abu Hurairah RA, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda:

“Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat, Ramadhan ke Ramadhan, itu merupakan penghapus dosa diantaranya, selama tidak melakukan dosa besar”. (HR. Muslim).

  1. Ada Waktu Dikabulkannya Doa

Rasulullah SAW, bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة فقال فيها ساعة لا يوافقها عبد مسلم وهو قائم يصلي يسأل الله شيأ إلا أعطاه إياه.]وأشار بيده يقللها[ . رواه البخاري ومسلم والنسائي وابن ماجه

Diceritakan dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Rasullah SAW, menyebutkan hari Jumat. Kemudian beliau bersabda:

“Di dalam hari jumat terdapat sebuah waktu yang apabila ada seorang hamba yang muslim, dia sedang berdoa pada waktu tersebut, maka permintaannya akan dikabulkan oleh Allah SWT.(belaiu berisyarah dengan tangannya tentang waktu itu yang sedikit)”. (HR. Bukhari, Muslim, An Nasa’I dan Ibnu Majah).

  1. Tidak Boleh Berbicara Saat Khutbah

Rasulullah SAW, bersabda:

عن ابن عباس رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من تكلم يوم الجمعة والإمام يخطب فهو كمثل الحمار يحمل أسفارا والذي يقول له أنصت ليس له جمعة . رواه أحمد والبزار والطبراني

Diceritakan dari Ibnu Abbas RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa berbicara pada hari Jumat, sedangkan imam sedang berkhutbah, maka dia bagaikan Keledai yang sedang membawa kitab (orang yang bodoh). Sedangkan orang yang menyuruh diam kepada orang yang berbicara, ia tidak mendapatkan keutamaan Jumat seutuhnya”. (HR. Ahmad, Al Bazzar, dan At Tabrani).

  1. Membaca Surat AlKahfi

Rasulullah SAW, bersabda:

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين. رواه النسائي والبيهقي

Diceritakan dari Abu Sa’id al Khudri RA, sesungguhnya Rasulullah SAW, bersabda:

barang siapa membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, maka hatinya akan di berikan sinar dari cahaya diantara dua Jumat”. (HR. AnNasa’i, dan Al Baihaqi).

  1. Memperbanyak Membaca Shalawat

Rasulullah SAW, bersabda:

عن أوس بن أوس رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن من أفضل أيامكم يوم الجمعة فأكثروا علي من الصلاة فيه فإن صلاتكم معروضة علي قالوا يا رسول الله! كيف تعرض صلاتنا عليك؟ وقد أرمت. قال إن الله حرم على الأرض أن تأكل أجساد الأنبياء.  رواه أبو داود

Diceritakan dari Aus bin Aus RA, ia berkata, Rasulullah SAW, bersabda:

Sesungguhnya paling utamanya hari kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari itu, karena  sesungguhnya shalawat kalian di perlihatkan kepadaku. Para sahabat bertanya, bagaimana mungkin shalawat kami dapat tersampaikan kepadamu, sedangkan engkau sudah wafat?. Rasul menjawab: sesungguhnya Allah SWT, mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi”. (HR. Abu Daud).

Selain amalan-amalan di atas, terdapat banyak lagi amalan-amalan lain yang sunnah dikerjakan pada hari Jumat. Sebagaimana yang ditulis oleh Habib Hasan bin Ahmad bin Muhammad bin Salim Al-Kaf, di dalam kitabnya, Al Taqrirat Al Sadidah fi Al Masa’il Al Mufidah, diantaranya yaitu:

  • Mandi;
  • Mengenakan baju yang bagus,terlebih warna putih;
  • Membersihkan diri, seperti memotong rambut, bulu dan kuku;
  • Memakai wangi-wangian;
  • Berangkat lebih awal ke Masjid;
  • Berjalan kaki menuju Masjid;
  • Memperbanyak dzikir saat menuju Masjid;
  • Ziarah kubur, terlebih kemakam kedua orang tua yang telah meninggal; dan
  • Shalat Tasbih.

Itulah beberapa keutamaan dan amalan-amalan sunnah untuk dikerjakan pada hari Jumat. Semoga amalan-amalan tersebut dapat kita kerjakan sebagai bentuk permohonan dan perantara ibadah kita agar mendapatkan rahmat dan ridha Allah SWT.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *