Jas Hijau, Jangan Sekali-kali Lupakan Jasa Ulama
LTNNU  

Membidik kalangan milineal dan terpelajar, LTNNU Jember luncurkan web untuk Kampanyekan Islam Ramah di Dunia Maya

Logo Media LTN NU

Penyebaran gagasan di dunia maya menjadi pilihan yang amat strategis dewasa ini. Karena itu, Pengurus Cabang Lembaga Talif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (PC LTNNU) Jember mulai meluncurkan website resminya yang baru, bernama www.astranawa.com. web ini nantinya akan mengawal web induk PCNU yang sudah ada sebelumnya.

Menurut Sekretaris PCNU Jember, Dr. KH Pujiono Abdul Hamid, website tersebut diharapkan mampu menjadi wadah dipublikasikan berbagai macam informasi dan tulisan dari seluruh lembaga, badan otonom, pengurus cabang hingga anak ranting.

“Kita berharap, keberadaan website ini mampu mendukung PC NU Jember beserta seluruh struktur dan lembaga di bawahnya. Yakni menunjang tradisi lisan di keluarga besar NU di Jember,” ujar KH Pujiono.

Keberadaan situs Astranawa.com juga diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat, dalam mendapatkan informasi keislaman yang menyejukkan, di dunia maya.

“Kalangan milineal, yang tidak sempat mengaji di langgar atau pesantren, memanfaatkan internet sebagai sumber mencari informasi agama. Di satu sisi ini baik, namun kerap kali, informasi atau dakwah di dunia maya itu bersumber dari paham keagamaan yang intoleran, dan lain sebagainya. Dalam konteks ini Astranawa.com, yang diinisiasi oleh PC LTNNU Jember menjadi sangat penting untuk memberikan informasi dan pandangan keagamaan yang lebih moderat, dengan dikemas dalam bahasa yang mudah di mengerti dan menarik, khususnya bagi anak milineal,” ujar KH Pujiono.

Peluncuran website Astranawa.com juga menjadi gebrakan awal PC LTNNU Jember, pasca pelantikan PC NU Jember di Gedung Soetardjo, Universitas Jember, pada awal Februari 2020 lalu. Meski kepengurusan LTNNU Jember sendiri sudah mulai bergeliat aktif, beberapa minggu sebelumnya.

Hal senada diungkapkan KH Dawam Wahid, Khatib Syuriah PCNU Jember. Menurutnya, Astranawa.com diharapkan mampu menjadi wadah penyebarluasan syiar para kiai di Jember. Selama ini, materi tersebut hanya disampaikan di pesantrennya.

“Dengan adanya website ini, pengajian para kiai dapat dinikmati oleh kalangan yang lebih luas dan terdokumentasi dengan baik. Pengajian yang meneduhkan dan merangkul,” ujar KH Dawam.

Disampaikan secara terpisah, wakil sekretaris PCNU Jember Gus Robith Qosidi sangat antusias dengan adanya web astranawa yang digawangi oleh pengurus muda NU.
“website ini bisa menjadi garda depan dalam mendukung NU cyber Army, yang memuat tentang berbagai ilmu ke-NU-an, gerakan Sosial dan mengcounter Milenial dari faham radikal.

Selain tentang informasi kegiatan, website Astranawa.com nantinya juga akan diisi oleh artikel, opini, jurnal, e-book, hingga ceramah dalam bentuk audio-visual (video). “Semua hal itu berkaitan dengan penguatan kelembagaan dan pemahaman masyarakat NU Jember dalam hal Islam Ramah,” ujar Muhammad Fauzinuddin Faiz, Ketua PC LTNNU Jember.