banner 728x250

Saling Berbagi Pengalaman Dua Pengurus ASWAJA NU Center Jember – Kencong

Moch. Cholily/Aswaja Center : suasana penuh keakraban dalam silaturahim dari NU Center Kencong ke ASWAJA Center Jember.
banner 120x600

Kaliwates, pcnujember.or.id – Sebagai salah satu kota besar di Jawa Timur, Jember memiliki potensi tersendiri dalam tumbuh kembangnya bibit radikalisme dan ekstrimisme. Hal ini sekaligus menjadi tantangan khusus bagi aktivis NU untuk mengunci ruang gerak potensi radikalisme.

Hal ini pula yang mendasari sinergi dari dua lembaga yang masing-masing berada di bawah PC NU Kencong dan PC NU Jember. Untuk memperkuat sinergi dan sekaligus silaturahim itu, pengurus NU Center Kencong mengadakan kunjungan ke ASWAJA Center Jember di Masjid Bustanus Salikin,pada Minggu (02/08).

banner 325x300

Baca juga : Lukisan Logo NU Menghiasi Dinding Kantor PCNU Jember

“Sebelumnya kita sudah silaturahim ke Rois Syuriah PC NU Jember. Selanjutnya, kita silaturahim ke ASWAJA NU Center Jember, untuk menggali pengetahuan dan bertukar pengalaman,” ujar Ustadz Agus Sugianto, Ketua NU Center Kencong, kepada tim pcnujember.or.id, di sela-sela kunjungan.

Dalam silaturahim tersebut, kedua belah pihak saling bertukar pikiran mengenai berbagai aspek. Mulai dari orientasi, pembentukan dan kerjasama tim, serta efektifitas gerakan ASWAJA yang kontekstual sesuai lokasi dan tantangan zaman. Tak sendiri, Ust Agus juga didampingi oleh sekretaris dan bendahara NU Center Kencong. Selain itu juga turut serta Ketua LBMNU Kencong, Ketua Lazisnu Kencong beserta jajarannya.

Baca juga : Perkuat Fungsional Masjid, LTM NU Balung Giatkan Kunjungan Rutin

Dalam diskusi tersebut, juga terlontar gagasan tentang pentingnya langkah pemetaan (mapping) terkait masalah ke-ASWAJAan di Kabupaten Jember. “Selanjutnya adalah identifikasi masalah pokoknya lalu menentukan strategi untuk mengatasi masalah dan menentukan sumber daya yang akan digunakan,” ujar Moh Cholily, Sekretaris dan Programe Manager ASWAJA NU Center Jember.

Secara umum, ASWAJA NU Center memiliki program strategis antara lain Kajian ASWAJA, Jaringan ASWAJA İnternasional, ASWAJA Pro Media, ASWAJA for Masjid, ASWAJA for School & Campus, ASWAJA for Instansi, ASWAJA for Perumahan, serta ASWAJA for Muallaf. “Program strategis dirancang untuk mengatasi problematika ke-ASWAJA-an yang sesuai dengan kondisi di Jember,” lanjut Cholily.

Dengan demikian, diharapkan ASWAJA NU Center nantinya mampu menampilkan nilai İslam yang ramah, penuh rahmat, toleran, moderat serta berpihak pada keadilan umat.

Reporter : Faizin 
Editor : Adi

banner 325x300