- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
LTMNUBanyak Hal, Takmir Masjid tak Hanya Ngurus Jadwal Sholat

Banyak Hal, Takmir Masjid tak Hanya Ngurus Jadwal Sholat

Balung, pcnujember.or.id – Semakin berkembangnya jaman, membuat tiap pekerjaan dituntut cepat, tuntas, dan maksimal. Hal itu mendorong Pengurus Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) Balung mulai meng-update wawasan kemasjidan dengan menggelar pembinaan takmir masjid di Masjid Baitul Mukmin Gumelar Balung kemarin.

Pembinaan itu dimaksudkan agar masjid bisa lebih optimal dalam pengelolaan sesuai juknis yang ditentukan. “Kegiatan ini cocok untuk meningkatkan fungsi serta peran masjid,” kata Ketua LTM NU MWC NU Balung, Ustadz Ahmad Saeri, ke puluhan takmir masjid se-Kecamatan Balung yang hadir saat itu.

Baca juga : Zakat Berpotensi Besar untuk Pemberdayaan Ummat

Lebih jauh ia memaparkan, peran takmir masjid tidak sekedar mengurus jadwal sholat saja, namun perlu juga mengadopsi prinsip-prinsip manajemen modern. Seperti administrasi yang jelas, dapat dipertanggung jawabkan atau akuntable, dan melayani umat dengan baik. “Sehingga segala kegiatan yang diselenggarakan dapat memenuhi kebutuhan umat,” jelasnya.

Saat bersamaan, Ketua Pimpinan Cabang (PC) LTM NU, H Hawari Hamim menambahkan, dalam mewujudkan kemajuan masjid diperlukan suatu perencanaan terhadap semua kegiatan. Karena dengan perencanaan yang matang, akan mempermudah kinerja takmir masjid.

Baca juga : Sembari Tasyakuran Bank Sampah, Ranting NU Tugusari Gelar Santunan Anak Yatim

Beberapa perencanaan itu, bisa berkaitan dengan bidang Idaroh (kesekretariatan), Imaroh (pemakmuran masjid), hingga Ri’ayah (pemeliharaan fisik). Selain itu, ia juga menganjurkan adanya barcode ID masjid untuk mempermudah penggunaan internet banking bagi donatur atau bertransaksi non tunai. “Semakin canggihnya teknologi, kita juga harus menyesuaikan dengan kemajuan zaman, untuk memudahkan hal tersebut kita bisa berkerjasama dengan bank-bank yang menjadi mitra kita,” jelasnya.

Reporter : Irwansyah GI
Editor : Maulana

Berita Lainnya

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Berita Terbaru

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme