Tingkatkan Spiritual Umat, LTM NU Tanggul Gerakan Bersih-Bersih Masjid

0
319
Multazam/LTM NU : Program bersih-bersih masjid oleh LTM NU Tanggul bersama sejumlah unsur di Masjid Jamik Al-Mustaqim Tanggul Wetan, Minggu (05/07/2020).

TANGGUL, pcnujember.or.id – Masjid berperan penting dalam membangun kerukunan dan mengembangkan spiritual umat. Selain sebagai tempat ibadah, keberadaannya juga kerap difungsikan sebagai sarana majelis ilmu, majelis dzikir, dan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Pentingnya keberadaan masjid itu, Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) Kecamatan Tanggul menggelar aksi bersih-bersih masjid pada Minggu (05/07/2020), di Masjid Jamik Al-Mustaqim Tanggul Wetan.

BACA JUGA : Ngaji Tani, LPPNU Rambipuji Upayakan Pembenihan Semangka

Ketua LTM NU Tanggul Ahmad Juri menuturkan, dalam kegiatan tersebut melibatkan sejumlah unsur. Mulai dari para takmir, Penyuluh Agama Islam, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), KUA Tanggul, dan Muspika Kecamatan Tanggul. Mereka bersih-bersih bersama, mulai dari semua ruangan masjid hingga termasuk fasilitas penunjang masjid. “Ada sekitar 15 orang yang bertugas membantu membersihkannya,” jelasnya.

Menurut dia, gerakan bersih-bersih masjid (BBM) itu dinilai sebagai tugas mulia dalam memakmurkan masjid dan menjadikannya sebagai pusat pembinaan umat. “Dengan masjid bersih dan indah jamaah akan beribadah dengan nyaman dan khusus,” kata Ahmad Juri.

BACA JUGA : Gotong Royong Warga Nahdliyyin Dalam Rehab Kantor PCNU Jember

Dalam bersih-bersih masjid itu pula, dilakukan di semua masjid dan musholla yang ada di Tanggul.

Ia berharap, program itu bisa membuat umat muslim nyaman dalam menjalankan ibadan dan betah berada di masjid. “Betah dalam arti partisipasi aktif dalam kegiatan pengajian, zakat, sedekah sehingga masjid benar-benar menjadi pusat penyelamatan akidah,” pungkasnya.

Reporter : Irwansyah GI
Editor : Maulana