banner 728x250
GALERI  

PCNU Jember Dorong LAZISNU Tingkatkan Pemberdayaan dan Trust Masyarakat

Khusnul Khotimah/MWC NU Rambipuji: Ketua PCNU Jember, KH Dr Abdullah Syamsul Arifin, dalam acara pembukaan rakorcab PC LAZISNU Jember di aula PCNU Jember, Minggu, 21 Februari 2021.
banner 120x600

Kaliwates, pcnujember.or.id – Sebagai lembaga amil zakat yang ada di bawah NU, Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shodaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) memikul harapan yang besar dari umat. Harapan itu yang mengemuka dalam rapat koordinasi yang digelar Pimpinan Cabang LAZISNU yang di gelar di aula PCNU Jember.

“Kebanyakan pendistribusian ZIS yang ada di tengah masyarakat hanya memenuhi kebutuhan sesaat. Maka yang diperlukan adalah bagaimana LAZISNU bisa hadir untuk bisa menyelesaikan problem-problem perekonomian. LAZISNU diharapkan bisa memberikan solusi-soluai yang agak panjang untuk kedepannya,” ujar Dr. KH. Abdullah Syamsul Arifin, Ketua PC NU Jember, saat memberikan sambutan pada Sabtu (20/02/2021).

banner 325x300

Lebih lanjut, menurut Gus Aab –sapaan akrab Dr. KH. Abdullah Syamsul Arifin –, menekankan bahwa yang paling penting dalam pendistribusian zakat adalah 2 pilar yaitu pemerataan dan pemberdayaan. Pemerataan diperlukan untuk menyalurkan kepada 8 asnaf. “Maka harus bisa dipilah, mana yang harus dikedepankan, antara pemerataan dan pemberdayaan,” lanjutnya.

Penyaluran zakat, boleh dilakukan secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi. Bergantung niatnya yaitu sama-sama baik. “Kalaupun mau memberikan zakat secara terang-terangan asalkan dalam hatinya tidak ada unsur riya’, tetapi justru ingin mengajak masyarakat lain untuk berzakat, maka itu sangat baik untuk dilakukan. Termasuk shodaqoh,” ujar pria yang juga dosen di IAIN Jember ini.

Pemberian zakat secara terbuka, dalam era saat ini justru baik, untuk memotivasi masyarakat lain ikut berzakat. “Kunci keberhasilan dari suatu lembaga amil adalah adanya Trust (kepercayaan), Harmoni, dan adanya Program Unggulan,” papar Gus Aab.

Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) yang digelar oleh PC LAZISNU Jember ini dihadiri berbagai pihak. Selain pengurus PC NU Jember dan PC LAZISNU Jember, acara tersebut juga dihadiri seluruh perwakilan MWC NU se-Jember serta Ketua PC LAZISNU Kencong. Rakorcab tersebut juga diharapkan bisa meningkatkan silaturrahmi bersama NU Care-LAZISNU.

“Agar lebih mudah dalam koordinasi sehingga nantinya bisa memberikan gerakan NU untuk lebih progresif dan maksimal. Karena kita bertekad untuk mengurangi angka kemiskinan yang ada di Jember melalui pemberdayaan dan pemerataan penyaluran ZIS,” ujar Achmad Fathur Rosyid, M. Si, Ketua PC Lazisnu Jember dalam kesempatan yang sama.

 

Reporter: Khusnul Khotimah
Editor: Faizin Adi
Publisher: Maulana Al-Fatih

banner 325x300