Begini Cara Ansor Kaliwates Bangun Kepedulian Pemuda

0
125
Mochammad Najibulloh/MWC NU Kaliwates: Giat Ansor Kaliwates dalam Gerebek Musholla, Ahad (7/03/2021).
pcnujember.or.id – Upaya menumbuhkan jiwa kepedulian bisa dilakukan banyak hal, seperti yang dicontohkan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) Kaliwates ini. Mereka menggelar bersih-bersih musholla, tak tanggung-tanggung, musholla yang mereka sisir hampir di tiap ranting yang ada di Kaliwates.

Baca juga: Pengajian NU Sumberkejayan: Ranting Adalah Ujung Tombak

Saat kegiatan itu, mereka memulainya dengan berkumpul di Musholla KH Muhammad Siddiq, sekaligus berdoa untuk kelancaran giat. Lalu, berlanjut menyebar di musholla tiap-tiap Ranting NU di Kecamatan Kaliwates. “Kegiatan seperti ini merupakan bentuk kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat dari Ansor – Banser NU Kaliwates,” ucap M Salman Al Farisi, Ketua PAC GP Ansor Kaliwates.

Dalam acara yang beri nama ‘Gerebek Musholla’ itu, mereka mulai sejak pagi, hingga selesai. Tak ketinggalan, alat untuk bersih-bersih pun disiapkan. Sambil mengenakan kaos, jaket Banser, dan Bagana, mereka menyisir satu-persatu musholla di Kaliwates.

Mochammad Najibulloh/MWC NU Kaliwates: Giat Ansor Kaliwates dalam Gerebek Musholla, Ahad (7/03/2021).

Seperti di Musholla Mbah KH Muhammad Shiddiq Condro, Musholla Abu Salim Kebon Agung, Nurut Taqwa Sempusari, Sabillah Mangli, Al Amin Tegal Besar, dan Musholla Fathurrahman Jember Kidul.

Baca juga: Imbangi Pengetahuan Umum dan Agama dengan Ngaji Kitab Kuning

Menurut Salman, banyak manfaat dari kegiatan tersebut. Salah satu yang paling penting adalah menumbuhkan kepedulian terhadap masyarakat setempat. “Sebagai pemuda kita perlu memupuk jiwa sosial, baik sesama Ansor maupun masyakarat. Agar tercipta kehidupan yang saling bahu-membahu,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Salman, gerebek musholla itu menjadi tanda bahwa Ansor Kaliwates juga ada dan hadir untuk masyarakat. “Sekaligus, kegiatan seperti ini dalam rangka menyambut peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW,” pungkasnya.

Editor: Mochammad Najibulloh
Editor: Maulana Al Fatih
Publisher: Maulana Al Fatih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here