Safari Ramadhan dengan Khotmil Qur’an, Cara Kader IPNU-IPPNU Perkuat Silaturahim

0
63
Kader IPNU-IPPNU Kecamatan Semboro mengisi safari ramadhan dengan khotmil qur'an di rumah salah satu kadernya. (Nurul Hidayah/ MWC NU Semboro)
Kader IPNU-IPPNU Kecamatan Semboro mengisi safari ramadhan dengan khotmil qur'an di rumah salah satu kadernya. (Nurul Hidayah/ MWC NU Semboro)

Semboro, pcnujember.or.id – Safari Ramadhan terus digalakkan oleh para kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU). Sebab, tradisi silaturrahmi ini sangat dianjurkan karena memiliki efek yang sangat konstruktif baik bagi kehidupan individu maupun sosial.

Seperti yang dilakukan oleh kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Semboro, Jember yang menggelar safari pada Sabtu (24/04/2021) malam. Acara digelar di rumah Diah Lutfita, salah satu kader pelajar NU yang ada di Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro dan dihadiri oleh seluruh anggota IPNU-IPPNU se wilayah Kecamatan Semboro.

Silaturahim dan khotmil Qur'an menjadi tradisi baik yang terus berupaya dilestarikan di IPNU-IPPNU. (Nurul Hidayah/ MWC NU Semboro)
Silaturahim dan khotmil Qur’an menjadi tradisi baik yang terus berupaya dilestarikan di IPNU-IPPNU. (Nurul Hidayah/ MWC NU Semboro)

Tak sekedar beranjangsana, acara Safari Ramadhan dibuka dengan Khotmil Qur’an dan dilanjutkan dengan doa bersama, sebagaimana kebiasaan para pelajar NU. “Safari ramadhan merupakan tradisi yang kerap kali dilakukan saat bulan Ramadhan, esensinya untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, seperti yang telah dianjurkan oleh nabi,” ujar Rifqi Lopa Budiman, Ketua PAC IPNU Semboro.

Selain sebagai sarana memperkuat ukhuwah, safari Ramadhan juga sebagai sarana bersama untuk lebih medekatkan diri kepada Allah SWT, terutama  di tengah pandemi saat ini “Dalam momentum ini mari terus jaga silturahim, saling mengingatkan dalam kebaikan, dan terus mendekatkan diri kepada allah, bukan hanya saat bulan ramadhan,” tambah Rifqi.

Keberadaan organisasi pelajar NU diharapkan bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (Nurul Hidayah/ MWC NU Semboro)
Keberadaan organisasi pelajar NU diharapkan bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (Nurul Hidayah/ MWC NU Semboro)

Diah Lutfita salah satu Kader Pelajar NU  Semboro berharap, kegiatan semacam ini tidak berhenti di bulan Ramadhan saja. “Karena banyak hal positif yang bisa di dapat. Selain menjaga silaturahim, juga bisa menarik masyarakat bergabung di IPNU-IPPNU,” ujar Fita, sapaan akrabnya.

Dengan berbagai kegiatan bernilai positif, keberadaan organisasi pelajar NU ini diharapkan bisa lebih solid dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Tidak hanya sekedar diminati, tapi program yang dilakukan ke depan harus lebih dirasakan oleh masyarakat luas,” pungkas Fita.

 

Reporter: Nurul Hidayah/ MWC NU Semboro

Editor: Faizin Adi

Publisher: Faizin Adi