banner 728x250

Wujudkan Pesantren Sehat, LKNU Bentuk Poskestren di Lima Pesantren NU

Irwansyah GI/PCNU : Pembentukan POSKESTREN di PP Nurul Hidayah Mangli, oleh LKNU Jember, LKNU PBNU, dan Kemenkes RI.
banner 120x600

Kaliwates, pcnujember.or.id

Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) PCNU Jember, bersama LKNU PBNU, dan Kemenkes RI tak mengenal lelah dalam menggalakkan program pesantren sehat. Setelah memberikan edukasi dan bimbingan teknis seputar kesehatan pesantren beberapa bulan lalu, dilanjut pembentukan Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN), Kamis (25/11/2021), di Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Mangli.

banner 325x300

Irma Prasetyawati, Ketua LKNU mengatakan, Poskestren ini merupakan upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) di  lingkungan pondok pesantren. Pembentukan Poskestren kami lakukan di 5 Pesantren binaan LKNU dan Puskesmas, diantaranya PP. Nuris Sumbersari, PP. Nurul Hidayah Mangli, PP. Asma’ Bismillah Ajung, PP. Alfitriyah Patrang, dan PP. Mambaul Khoirot Panti.

Dalam kegiatan tersebut membahas tentang Poskestren, meliputi penyusunan rencana kegiatan pada setiap pokja di pesantren, pembahasan kebijakan berwawasan kesehatan di Pesantren, menggalang kemitraan, dan peningkatan literasi kesehatan Pesantren. “Alhamdulillah para santri di 5 pondok pesantren binaan kami antusias dan aktif mengikuti kegiatan” kata Irma.

Pengasuh PP Nurul Hidayah, KH. Abd. hamid Pujiono menyampaikan banyak terimakasih kepada Kemenkes RI dan LKNU atas adanya program pesantren sehat. “Kami sangat senang adanya Poskestren ini dapat menumbuhkan pola pikir dan prilaku sehat dalam keseharian para santri, sehingga pesantren sehat itu dapat terwujud,” katanya yang juga Sekretaris PCNU Jember.

Reporter : Irwansyah GI

banner 325x300