banner 728x250

PMII Jember Resmikan Renovasi Makam salah satu Pendiri PMII, KH Hizbullah Huda

(Foto: PC PMII Jember) Makam salah satu pendiri PMII, KH Hizbullah Huda di kompleks Pondok Pesantren Darus Sholah, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.
banner 120x600

Kaliwates, pcnujember.or.id – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) telah berusia 62 tahun tepat pada tanggal 17 April 2022. Momentum hari lahir PMII ini disambut dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh seluruh organ PMII. Mulai dari tingkatan terbawah hingga pusat, termasuk oleh Pengurus Cabang (PC) PMII Kabupaten Jember.

Salah satu yang dilakukan PC PMII Kabupaten Jember yaitu melakukan renovasi makam salah satu pendiri PMII yang berada di Jember, KH Hizbullah Huda, di dalam kompleks Pondok Pesantren Darus Sholah Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember.

banner 325x300

Ketua Umum PC PMII Kabupaten Jember M Faqih Al Haramain menjelaskan, rencana merenovasi makam KH Hizbullah Huda telah muncul jauh hari sebelum momentum Harlah PMII ke-62. Persiapan dilakukan dengan meminta izin terlebih dahulu kepada pengasuh Ponpes Darus Sholah. “Renovasi makam itu bertujuan untuk mengingatkan kita akan jasa besar para muassis PMII. Selain itu, menghormati KH Hizbullah Huda sebagai salah satu pendiri PMII yang berada di Jember, sekaligus menyematkan plakat identitas beliau sebagai salah satu pendiri PMII,” tutur Faqih.

(Foto: PC PMII Jember) Makam salah satu pendiri PMII, KH Hizbullah Huda di kompleks Pondok Pesantren Darus Sholah, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Pada kesempatan itu, Gus Gholban, keponakan dari KH Hizbullah Huda mengisahkan, KH Hizbullah Huda lahir tahun 1934 di Sidoarjo, namun jenjang pendidikan SMP dan SMA ditempuh di Jember. Dalam karirnya, KH Hizbullah Hada sempat bercita-cita menjadi pengacara, tercatat sebagai ketua Ansor Jawa Timur pada tahun 1965 dan dikenal memiliki komitmen besar terhadap NU. KH Hizbullah Huda wafat pada tahun 1995. “Pelajaran berharga yg bisa dipetik di sini adalah keikhlasan para pendirinya,” tutur Gus Gholban.

Kiai Munsyif Nahrawi, salah satu pendiri PMII sebagai saksi dan pelaku sejarah, juga mengulas tentang sosok KH Hizbullah Huda, yang merupakan orang pertama menawarkan tempat diselenggarakannya pertemuan pendirian organisasi PMII. Bahkan juga berperan besar dalam mempersiapkan pertemuan tersebut. “Kami datang lagi ke pengurus Muslimat, untuk mengurusi konsumsinya dan supaya diketahui saya berboncengan sepeda pancal/onthel saat itu,” kenang Kiai Munsyif.

Peresmian renovasi makam KH Hizbullah Huda juga dihadiri oleh para alumni, keluarga ndalem, dan juga seluruh kader PMII se-Jember. Melalui renovasi makam tersebut, diharapkan seluruh kader dan alumni PMII Jember, serta seluruh komponen PMII Se-Indonesia, agar istiqomah ziaroh, menyambung sanad, dan mendoakan KH Hizbullah Huda sebagai salah satu muassis PMII.

Selain melakukan renovasi makam muassis PMII, secara bersamaan PC PMII Kabupaten Jember juga mengadakan kegiatan lomba essay lintas agama, khotmil qur’an yang ditujukan untuk muassis PMII, dan sarasehan dengan beberapa tokoh lokal dan juga salah satu pendiri PMII, Kiai Munsyif Nahrawi. Salah satu narasumber dalam acara sarasehan tersebut, Gus Rizal yang juga merupakan seorang akademisi menjelaskan, Kiai Munsyif adalah cucu dari Kiai Thohir, salah satu guru dari KH Hasyim Asy’ari. “Ayah beliau, Kiai Nahrawi Thohir merupakan A’wan PBNU,” terang Gus Rizal.

Reporter: PC PMII Jember
Editor: Maulana
Publisher: Irwansyah G Ibrahim

banner 325x300