- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
GALERIRayakan 1 Muharram, IPNU-IPPNU Sumberbaru Ziarahi Wali Lima

Rayakan 1 Muharram, IPNU-IPPNU Sumberbaru Ziarahi Wali Lima

Sumberbaru, pcnujember.or.id – Beragam kegiatan disemarakkan Warga Nahdliyyin kala menyambut dan menyemarakkan Momen 1 Muharram 1444 Hijriyah/30 Juli 2022. Mulai dari istighosah bersama, pawai obor, hingga mengunjungi makam para auliya’ tanah Jawa.

Seperti yang di lakukan oleh PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Sumberbaru ini. Mereka mengawali kegiatan tahun baru Islam dengan kegiatan ziarah wali. “Alasan kami memilih 1 Muharram sebagai hari pelaksanaan ziarah wali lima, yakni sebagai sarana untuk mengawali tahun dengan kegiatan positif serta belajar dan mengingat kembali sejarah penyebaran Islam oleh para ulama terdahulu,” ujar Robi, ketua PAC IPNU Sumberbaru.

Kegiatan ziarah saat itu tidak hanya dikuti anggota IPNU-IPPNU saja, namun ada beberapa unsur Banom maupun lembaga di MWC NU, seperti LDNU, Muslimat, dan Fatayat Sumberbaru. Rombongan berangkat Sabtu 30 Juli 2022 pukul 01.00 WIB, hingga tiba kembali pada Minggu 31 Juli 2022.

Pimpinan rombongan Ustadz M Musleh menuturkan adanya kegiatan ziarah wali itu yang merupakan suatu bentuk tabarrukan kepada Allah dan para Auliya. “Kalo kita mengutip dari kitab Nashaihul Ibad, ada empat manfaat terkait ziarah ini. Diantaranya mengingat kematian, tabarrukan, meneladani para wali, dan menunaikan hak dan kewajiban bagi ahli kubur dan orang yang masih hidup untuk mendoakan,” terangnya.

Ia juga menambahkan ada beberapa nilai pendidikan yang bisa dipetik dalam ziarah ini, dimana para rombongan bisa langsung mempraktekkan tata cara shalat jamak dan qhasar secara langsung. “Semoga kegiatan ini bisa kita ambil hikmah dan keberkahannya,” pungkasnya.

Reporter : Mughni Fawarid
Editor: Maulana
Publisher: Irwansyah GI

Berita Lainnya

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Berita Terbaru

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme