banner 728x250
Berita  

Ranting NU Tugusari Semarakkan Tahun Baru Islam

banner 120x600

pcnujember.or.id –  Gebyar Muharram 1440 H, Ranting NU Tugusari Kecamatan Bangsalsari memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1440 H pada Senin-Rabu, (17-19/9) dengan menggelar kegiatan lomba-lomba keagamaan, Pentas Seni dan santunan anak yatim dan dhuafa.

Lomba dikhususkan untuk santri musengan yaitu santri yang mengaji di musholla – musholla Desa Tugusari dan sekitarnya Kec. Bangsalsari.

banner 325x300

Ketua Panitia Hosnan menuturkan bahwa “pelaksanaan lomba ini dimaksudkan pertama, untuk mengajari anak-anak santri terus belajar dan tidak mudah puas diri, kedua, untuk memeriahkan Tahun Baru Islam yang secara perlahan sudah mulai dilupakan oleh umat Islam sendiri dan yang ketiga, Syiar Islam.”

tidak hanya itu, lomba dilaksanakan sampai tiga hari, Senin sampai Rabu jam 13.00 WIB – selesai. Kegiatan ini merupakan tahun ke dua yang dilaksanakan oleh Ranting NU Tugusari setiap Tahun Baru Islam (Bulan Muharrom).

Ragam lomba pada acara tersebut yaitu Adzan khusus peserta putra, Khitobah putra putri, Binausholah Putra putri dan Tartil Al-Qur’an Putra putri. Pelaksanaannya berada di Masjid Ar- Raoudhoh Krajan Tugusari dan Masji Mubarok Krajan Tugusari.

Berkenaan dengan juri, Ranting NU Tugusari bekerjasama dengan MABIN TPQ MA’ARIF NU dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Bangsalsari, Yaitu Ust. Dimyati (MABIN TPQ), Ust. Husen (MABIN TPQ), Ust. MAsykur (MABIN TPQ), Ust. Ach Taufiq Suraji (Penyuluh Agama Islam Non PNS), Ust. Sulhan (Penyuluh Agama Islam Non PNS) dan Ust. Edy Siswantoro  (MWC NU BAngsalsari).

Dalam lomba ini akan diambil juara 1, 2, 3 dan harapan 1 dan 2 dalam setiap perlombaan. Juara akan di umumkan pada malam Pentas Seni dan Budaya yang akan dilaksanakan pada hari Jum’at malam Sabtu tanggal 21 September 2018.

“Pada tahun ini peserta lomba tahun 2018 mengalami penurunan 20 % dibandingkan dengan tahun 2017, sekali lagi dikarenakan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat”, ujar Hasbullah selaku Ketua Ranting NU Tugusari.

Selain itu, ketua mengharap untuk tahun – tahun yang akan datang antusiasme masyarakat dan para Ustadz dan Ustadzah dalam kegiatan peringatan tahun baru islam akan lebih baik lagi.

Adapun agenda Semarak Muharram 1440 H Ranting NU Tugusari Kecamatan Bangsalsari sebagai berikut:

No Kegiatan Tempat Keterangan
01 Lomba – Lomba    
  1.     Adzan Masjid Al-Barokah Senin, 17/9/2018
  2.     Khitobah Masjid Ar-Raudhoh (Pa/pi)
  3.     Binaus Sholat Masjid Al-Barokah (Pa) Selasa, 18/9/2018
    Masjid Ar-Raudhoh (Pi)
  4.     Tartil Al-Qur’an Masjid Al-Barokah (Pa) Rabu, 19/9/2018
    Masjid Ar-Raudhoh (Pi)
02 Pentas Seni dan Budaya Lapangan Tugusari Jum’at, 21/9/2018
03 Pengajian Umum dan Santunan Yatim Piatu dan Dhuafa Lapangan Tugusari Sabtu, 22/9/2018

 

 

(Edy.Ss)

banner 325x300