- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
BeritaJelang Ramadhan 1441 H, Lembaga Falakiyah NU Terbitkan Jadwal Imsakiyah

Jelang Ramadhan 1441 H, Lembaga Falakiyah NU Terbitkan Jadwal Imsakiyah

Jemberpcnujember.or.id
Umat Islam akan menyambut kedatangan bulan Ramadhan dalam beberapa hari lagi. Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang pelaksanaannya dibatasi oleh waktu yang menentukan keabsahan puasa dari waktu imsak dan berbuka.

Lembaga Falakiyah NU (LFNU) telah membuat dan menerbitkan jadwal shalat dan imsakiyah, agar dalam ibadah masyarakat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan berdasarkan hasil hisab.

Ustadz Imam Baihaqi, ketua LFNU Jember mengatakan, jadwal yang sudah diterbitkan itu dibuat oleh tim ahli, sehingga dapat dijadikan acuan oleh masyarakat.

“Jadwal tersebut dapat dijadikan acuan sebagai penentuan awal waktu shalat, imsak dan berbuka puasa,” tulis ustadz Baihaqi kepada pcnujember.or.id via WhatsApp, Minggu (20/04).

Ia menjelaskan hasil penghitungan yang dilakukan oleh tim LFNU Jember sudah dipadukan dengan jadwal imsakiyah terbitan Kemenag Jember, LFNU cabang Kencong, dan pemerhati ilmu falak Kab. Jember.

“Kita sudah padukan bersama di kantor Kemenag pada 19 Maret lalu, dan disepakati untuk digunakan bersama,” tutur ustadz Baihaqi.

Tim ahli yang terlibat dalam pembuatan jadwal adalah KH Muwafiq Imamudin, ustadz Khozin Muktamar, ustadz Azis Adnan, dan ustadz Hasanuddin, dipimpin oleh ustadz Imam Baihaqi selaku ketua.

Selain berbentuk pdf dan gambar yang sudah tersebar di medsos, jadwal imsakiyah terbitan LFNU juga akan dicetak untuk masjid-masjid dan mushalla-mushalla di Jember.

Meskipun perkiraan awal Ramadhan sudah tertulis di dalam jadwal, namun untuk penentuan tanggal satu Ramadhan dan Syawal tetap mengikuti keputusan/itsbat pemerintah atau ikhbar dari PBNU.

Kedepannya ustadz Baihaqi berharap, pengurus dapat lebih menghidupkan kembali kajian-kajian tentang ilmu falak, sehingga ilmu falak populer dilingkungan NU Jember. [Aaf]

NU Jember

Berita Lainnya

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Berita Terbaru

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme