banner 728x250

RMI NU Jember Semarakkan Satu Abad NU dengan Menggelar Lomba MQK dan MHQ Tingkat Kabupaten

(Foto) RMI NU Jember: Rangkaian Perayaan Satu Abad NU yang diselenggarakan oleh RMI NU Jember.
banner 120x600

Mayang, pcnujember.or.id – Dalam rangka menyemarakkan momen Satu Abad NU, Pengurus Cabang RMI NU Jember bekerja sama dengan Badan Usaha Milik NU (BUMNU), menyelenggarakan Musabaqah Qiraatil Qutub (MQK) dan Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) tingkat SMP sederajat, SMA sederajat dan Pondok Pesantren, se-Kabupaten Jember.

Acara yang dilangsungkan di Pondok Pesantren Roudlatul Jannah Desa Tegalrejo Kecamatan Mayang (5/2/2023) ini, menampilkan kemampuan MQK dan MHQ para pelajar yang dibagi atas beberapa kategori. “Acara ini diikuti ratusan santri Pondok Pesantren di Jember, tujuannya, mencari kader-kader terbaik NU yang bersebaran di pesantren se-Kabupaten Jember,” ujar Gus Ulil, ketua panitia pelaksana.

banner 325x300

Ia menjelaskan, para peserta nantinya memperebutkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan yang sangat spesial. Karena akan langsung diserahkan oleh Mentri BUMN pada acara peresmian BUMNU Jember, ketika Grand Opening tanggal 17 Februari 2023. “Para pemenang akan menerima hadiah istimewa berupa piala dan uang pembinaan dari Mentri BUMN,” imbuh pria yang juga Pengasuh Pondok Pesantren APM Jenggawah ini.

(Foto) RMI NU Jember: Rangkaian Perayaan Satu Abad NU yang diselenggarakan oleh RMI NU Jember.

Ketua RMI PCNU Jember Gus Fuad Ahsan mengatakan, acara tersebut merupakan bagian dari menyemarakkan Perhelatan 1 Abad NU. Menurutnya, momen tersebut membawa semangat baru bagi warga NU, tanpa terkecuali bagi kalangan pesantren yang merupakan cikal bakal kelahiran NU. “Pesantren dan NU adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Keduanya bagai dua sisi mata uang yang saling melengkapi,” ujarnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Jannah KH Suaidi mengharapkan, pelaksanaan MQK dan MHQ akan melahirkan para kader-kader ulama masa depan, yang mampu berperan penting dalam menjaga tradisi pesantren, NU dan kemajuan bangsa Indonesia. “Pada dasarnya, setiap peserta adalah kader-kader terbaik pesantren. Karenanya perlu difasilitasi untuk saling berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Sehingga akan menjadi pemicu untuk terus belajar dan belajar,” ujar KH Suadi dalam sambutannya.

(Foto 2) RMI NU Jember: Beberapa peserta yang keluar sebagai juara lomba MQK dan MHQ.

Selama perlombaan hingga selesai, beberapa peserta terbaik keluar sebagai juaranya. Antara lain, pemenang MQK kategori putra atas nama Labib Athoillah, M. Noval Hidayah dan Ahmad Afifuddin. Kategori putri atas nama Himmatul Auliyah, Nur Laila Mufarroha dan Chumaidatur Rosyidah.

Sementara pemenang MHQ kategori putra diraih oleh Akhmad Zakariya Husni, Ibnu Muqoyyim, dan Muhammad Farhan Rahardian. Untuk MHQ kategori putri diraih oleh Nayla Alyatil Fadilah, Mustahfidlotul Qurani, dan Sahla Nuriyatul Adawiyah.

Editor: Maulana
Publisher: Irwansyah GI

banner 325x300