banner 728x250

Kurangi Kebiasaan Hajat di Sungai

Roihatul Jannah/Fatayat NU Jember : Salah satu fasilitas Umum Mandi Cuci Kakus (MCK) yang baru selesai dibangun dan diresmikan Fatayat NU Jember bersama BTPN Syariah, Kamis (11/6) kemarin.
banner 120x600
Fatayat NU Dirikan Fasilitas MCK Umum

Jember, pcnujember.or.id –
Mandi Cuci Kakus atau MCK menjadi kebutuhan dasar keseharian warga, terutama mereka yang tinggal di sekitar bantaran sungai. Tak sedikit dari warga yang memanfaatkan sungai sebagai salah satu penyambung hajat hidup mereka.

Atas dasar itu, Pengurus Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Jember menggagas progam pembangunan MCK umum di sejumlah titik. Yaitu, di Desa Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Desa Sentong, Kecamatan Ambulu, Desa Bintoro, Kecamatan Patrang, dan Desa Mandilis, Kecamatan Tempurejo.

banner 325x300

Baca Juga : Salurkan Bantuan Sembako ke Kampung SDGs

Ketua PC Fatayat NU Jember Rahmah Saida mengatakan, progam pembangunan itu terfokus di pedesaan yang memang tidak memiliki tempat MCK di rumah. “Karena di desa-desa itu, cukup banyak warganya yang beraktifitas MCK di sungai,” ujarnya.

Pembangunan yang dilaksanakan sejak Ramadhan itu, menjadi progam PC Fatayat NU Jember yang bekerjasama dengan BTPN Syariah Jember. Dan pada Kamis (11/06) kemarin, pembangunan telah rampung dan diresmikan.

Baca Juga : Fatayat NU Bersama BTPN Syariah Bangun Fasilitas MCK untuk Warga Kemiri

Rahma menambahkan, tidak adanya fasilitas MCK menjadi salah satu penyebab kebiasaan warga mengfungsikan sungai. Dengan progam MCK Umum itu, diharapkan aktifitas warga mulai beralih menggunakan MCK yang lebih layak. “Masyarakat bisa lebih disiplin dalam menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan,” tandasnya.

Reporter : Irwansyah
Editor : Maulana

banner 325x300