Jas Hijau, Jangan Sekali-kali Lupakan Jasa Ulama

Gelar Ngaji Tani, MWC NU Pakusari Upayakan Kemandirian Petani

Mohammad Slamet Riyadi/MWC NU Pakusari : Diskusi pertanian oleh MWC NU Pakusari dengan PT Benih Citra Asia di Pendopo Kecamatan Pakusari, Senin (06/07/2020).

Pakusari, pcnujember.or.id – Memberdayakan petani menjadi bagian dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Pakusari dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Salah satunya dengan menggelar Ngaji Tani bersama PT Benih Citra Asia di Pendopo Kecamatan Pakusari, Senin (06/7/2020) kemarin.

Dalam diskusi itu, membahas seputar pemberdayaan petani NU melalui program kemitraan. Sedikitnya, 60-an petani terlibat di dalamnya. Mereka berasal dari Gabungan Kelompok Tani atau Gapoktan. “Mereka antusias mengikuti diskusi sambil mengkaji bagaimana membangun ekonomi umat yang mandiri,” kata Mohammad Selamet Riyadi, Ketua MWC NU Pakusari.

BACA JUGA : Tingkatkan Spiritual Umat, LTM NU Tanggul Gerakan Bersih-Bersih Masjid

Menurut dia, petani NU harus dibekali cara mengolah hasil panen dan cara memasarkannya. Karenanya dalam diskusi itu pihaknya melibatkan PT Benih Citra Asia Ajung sebagai mitra dalam memberdayakan petani NU.

Dalam ngaji tani itu pula, lanjut Slamet, juga dibahas pengelolaan tanah dan pemupukan. Karena kedua hal itu dianggapnya penting dalam mengembangkan pertanian. Selain itu, petani juga harus mempertimbangkan kandungan mikroba dalam tanah dan kondisi alam.

BACA JUGA : Ngaji Tani, LPPNU Rambipuji Upayakan Pembenihan Semangka

Selain itu KH. Ali Ridho selaku Rois Syuriah MWC NU Pakusari menuturkan, dengan ngaji tani itu para petani bisa menyerap ilmu baru, menimba pengalaman yang sangat berguna terhadap keberlangsungan bertani mereka. “Ngaji Tani ini sejatinya adalah bentuk ikhtiar kami agar petani-petani NU sukses dan dapat membangun perekonomian yang lebih baik,” pungkasnya.

Reporter : Irwansyah GI
Editor : Maulana