banner 728x250

Siapkan Pengajar Al-Qur’an yang Handal, dengan Metode Allimna

Sayyid Berryl Musthofa : Suasana pendidikan dan pelatihan mengajar Alquran metode 'Allimna di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember, Minggu (15/11/2020).
banner 120x600

Antirogo, pcnujember.or.id – Pembinaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an secara baik dan benar, menjadi bagian Lembaga Pendidikan Ma’arif NU dalam menyiapkan pengajar Al-Quran yang handal. Salah satunya dengan menggelar pelatihan pembelajaran metode ‘Allimna bersama Pondok Pesantren Nurul Islam Jember, Minggu (15/11/2020) di PP Nuris.

Dalam pelatihan itu membahas bagaimana mengaplikasikan metode pembelajaran Al – Qur’an dengan baik dan benar. Sedikitnya, 62 pengajar terlibat didalamnya. Mereka berasal dari guru PP. Nuris. “Mereka antusias mengikuti diskusi sambil mengkaji bagaimana menjadi pengajar Al-Quran yang handal,” kata Sayyid Berryl Musthofa Ka. Biro Pendidikan Diniyah.

banner 325x300

Baca juga : Musabaqoh Qiroatul Kutub, RMI PCNU Jember

Menurutnya, Pelatihan ini dapat menjadi bekal pengurus atau pengajar baru, sehingga dapat menjalankan proses pembelajaran dengan baik dan benar. pendidikan dan pelatihan ini merupakan suatu langkah untuk memudahkan pengajar dalam mengajar Al Qur’an. Pelatihan ini dibagi 2 sesi, jilid 1-4 Minggu ini lalu jilid 5-6 minggu depan, “Metode ini mudah dipahami dan dipelajari,” Sayyid Berryl Musthofa paparnya.

Sementara itu Kyai M. Junaidi al-Hafidz PC LP Ma’arif NU mengatakan, metode Allimna adalah murni produk NU, pilihan-pilihan ayat ‘Allimna banyak yang menjadi argumentasi akidah dan amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah. “Allimna Itu karya orisinil LP Ma’arif PCNU Jember dan dipakai seluruh TPQ binaan LP Ma’arif Jember,” jelas Kyai Junaidi yang juga penyusun metode Allimna.

Baca juga : Membina Watak Nusa dan Bangsa Melalui Pelajar NU

Sayyid Berryl Musthofa : Suasana pendidikan dan pelatihan mengajar Alquran metode ‘Allimna di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember, Minggu (15/11/2020).

Metode yang digunakan, lanjut kyai Junaidi, dibuat menyenangkan sehingga tidak membuat bosan para santri serta lebih cepat dalam memahaminya. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan bekal kepada pengajar, sehingga bisa menjadi pengajar yang handal dan mampu membangun spirit mengaji kepada santi di PP. Nurul Islam Jember.

Reporter : Irwansyah GI

banner 325x300