banner 728x250

Unik, Ada Sholawatan di Tengah Pagelaran Wayang

Akbar Yogatama/MWC NU Ambulu: Peringatan Harlah IPNU-IPPNU PR Pontang I dan II.
banner 120x600

Ambulu, pcnujember.or.id – Dalam rangka memperingati hari lahir (Harlah) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) ke-67 dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPPNU) ke-66, Pimpinan Ranting (PR) IPNU –IPPNU Pontang I dan II mengadakan Sholawatan Bersama dan Pagelaran Wayang Klotek, Sabtu, (6/03/2021) di Balai Desa Pontang, Ambulu.

Kegiatan yang dipanitiai gabungan PR IPNU-IPPNU Pontang I dan II itu berlangsung khidmat dan semarak. Menambah kesan cinta kepada Nabi Muhammad SAW dan budaya Nusantara.

banner 325x300

Baca juga : Resmi dilepas, Puluhan Pendekar Pagar Nusa Jember Ikuti Piala RMI Se Jawa dan Bali

Pagelaran Wayang Klotek yang merupakan ciri khas Jember tersebut dibawakan oleh Dalang Rangga Wibisono dengan lakon Gatot Kaca. Rangga Wibisono sendiri merupakan kader IPNU Pontang yang aktif sampai saat ini.

Selain Rangga, para karawitan dan sindenpun juga merupakan kader IPNU-IPPNU Pontang. Hal ini selaras dengan tema kegiatan: Pelajar Cinta Budaya untuk Peradaban Bangsa.
“Kami berharap kegiatan ini bisa membangun pelajar yang melestarikan wayang yang hampir dilupakan kalangan milenial, ucap M Qitmirul Aziz, Ketua IPNU Pontang I.

Baca juga : GP Ansor Pontang Ziarah ke Makam Pendahulu NU

Saat Kegiatan berlangsung, terlebih dahulu diawali dengan Istigotsah, lalu pembacaan Sholawat bersama. Dan di akhiri dengan pertunjukan wayang yang dihadiri seluruh banom dan lembaga NU di Desa Pontang, IPNU-IPPNU Kecamatan Ambulu, serta warga setempat.

“Berkat kerja keras dan kekompakan rekan-rekanita panitia serta dukungan pembina, alhamdulillah acara ini lancar,” Kata M Dwi Ansori Ketua Panitia, saat ditemui Reporter LTN NU MWC NU Ambulu. Ia berharap, agenda sejenis itu bisa terus dijalankan. Sehingga amaliyah rutin NU seperti Sholawatan tetap hidup, dan kebudayaan seperti Wayang Klotek tetap dilestarikan.

Reporter : Akbar Yogatama
Editor : Maulana Al Fatih
Publisher : Irwansyah G Ibrahim

banner 325x300