banner 728x250

Berantas Terorisme, Pergunu Jember Integrasikan Aswaja Dalam Mata Pelajaran

banner 120x600

Kaliwates, pcnujember.or.idSebagai langkah untuk merumuskan agenda kerja yang lebih efektif serta memunculkan pemikiran strategis guna laju organisasi. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember turut mendampingi kegiatan Konferensi Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jember, Minggu (04/04/2021)

KH. Abdullah Syamsul Arifin, Ketua PCNU Jember Mengatakan, Pergunu nemiliki peran penting dalam mencetak generasi penerus bangsa yang handal. Sebab, Pergunu merupakan perkumpulan para guru di bawah naungan NU yang memiliki peran strategis dalam mendidik generasi penerus bangsa.

banner 325x300

Baca juga : Saiful Asy’ari Nahkodai Pergunu Kabupaten Jember

“Lebih-lebih menjaga, memelihara, dan menanamkan nila-nilai Aswaja kepada siswa agar tidak terkena virus dari faham-faham radikal” jelasnya yang kerap disapa Gus Aab. Selain itu lanjutnya, Pergunu juga harus bisa mencetak kader-kader NU yang tangguh, SDM yang baik dan mewaspadai masjid, musholla, pondok pesantren dan lembaga pendidikan dari aliran yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Sementara itu, Dr. Khobri, Selaku Dewan Pakar Pergunu Jember, mengatakan, ahir-ahir ini mulai marak kembali aksi terorisme seperti di makassar, Mabes Polri dan lainnya. Dan anehnya pelaku adalah pemuda yang di gadang gadang menjadi penerus bangsa. “Ini ni peran kita para guru bagaimana komitmen dalam mendidik siswa kita agar paham akan moderasi islam yang mapan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula, DR. Khobri yang juga Wakil Ketua PCNU Jember, menegaskan bahwa, guru NU harus menjadi teladan dan bisa memberikan penguatan moral moderasi beragama kepada anak didiknya serta Aswaja menjadi satu landasan nilai bagi siswa, baik parsial maupun yang terintegrasi dengan mata pelajaran.

Ia mengajak kepada semua guru, “guru Pergunu akan komitmen menebarkan Islam Rahmatan lil ‘Alamain, menebarkan empat pilar kebangsaan, anti radikalisasi agama, anti terorisme, dan anti Intoleransi,” pungkasnya.

Reporter : Irwansyah GI

banner 325x300