Perkuat Solidaritas, Pagar Nusa Kalisat Gelar Silaturahim Lintas Angkatan

0
65
Robi Mohammad Arifin/MWC NU Kalisat: Pagar Nusa Ababil Kecamatan Kalisat saat mengadakan pertemuan dengan para senior dan pelatih, Senin (24/5/2021) di Aula Kantor MWC NU Kalisat.

Kalisat, pcnujember.or.id – Nuansa Idul Fitri 1442 Hijriyah dimanfaatkan oleh sejumlah Pengurus dan Anggota Pagar Nusa Ababil Kecamatan Kalisat dengan menggelar pertemuan lintas angkatan, sekaligus forum silaturahim, Senin (24/5/2021).

Sebagai Banom Nahdlatul Ulama, Pagar Nusa dinilai menjadi salah satu wadah Generasi NU dalam melestarikan warisan budaya pencak silat.

Muhammad Afandi selaku Ketua PAC Pagar Nusa Kalisat mengatakan, dalam pesan dari KH DR Muhammad Suharbillah, Ketua Umum Pagar Nusa periode kedua setelah Gus Maksum, menitipkan pesan penting kepada generasi Pagar Nusa.

Baca juga : Halal Bihalal Pesilat Pagar Nusa Jember, Moment Konsolidasi dan Perkuat Organisasi

Salah satu pesan penting itu mengenai kedudukan ilmu agama dan ilmu bela diri yang harus digunakan sebagai media dakwah, sebagaimana yang diajarkan sejak zaman Wali Songo. “Tugas kita adalah menjaga warisan berharga itu, guna membentengi para ulama,” ujarnya.

Meskipun tidak ramai, silaturahim itu berlangsung khidmat. Hampir setiap Ranting Pagar Nusa Ababil menyempatkan hadir dalam forum tersebut.

Selain silaturahim, dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai upaya jangka panjang yang akan dilakukan oleh Pagar Nusa Ababil Kalisat. “Kita harus lebih progres, bersinergi dalam lingkup persilatan, dan ikut andil dalam acara-acara NU di Kalisat ini,” terang Afandi.

Di kesempatan itu pula, para pendekar muda NU ini diajak meneguhkan komitmen bersama, agar lebih guyub dan solid seduluran. Mereka juga diwanti-wanti agar tidak terjerumus dalam tindakan-tindakan yang merugikan diri, merusak nama baik perguruan, hingga meresahkan masyarakat.

Reporter: Robi Mohammad Arifin
Editor: Maulana Al Fatih