banner 728x250
GALERI  

Rukyatul Hilal Akhir Dzulqa’dah 1445 H di Pantai Nyamplung Gumukmas Jember: Posisi Hilal Tertutup Mendung

FOTO. Pemantauan Hilal MWC NU Wuluhan, bersama tim gabungan, di Pantai Nyamplung Kobong Dusun Jeni, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, (5/6/2024).
banner 120x600

Gumukmas, pcnujember.or.id – Lembaga Falakiyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Wuluhan, melakukan Rukyatul Hilal untuk menentukan akhir bulan Dzulqa’dah 1445 H, di Pantai Nyamplung Kobong Dusun Jeni, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, pada Rabu (5/6/2024).

Rukyatul Hilal ini untuk menentukan akhir Bulan Dzulqa’dah 1445 H dan melihat datangnya awal Dzulhijjah 1445 H, sekaligus mengetahui jatuhnya Hari Raya Idul Adha dan Qurban.

banner 325x300

Kegiatan dimulai dengan menentukan arah barat dan utara, dilanjutkan dengan menentukan azimut matahari dan azimut bulan. Setelah itu, alat teropong dipasang dan disesuaikan arahnya untuk pengamatan hilal.

Pimpinan Lembaga Falakiyah MWC NU Wuluhan, Khozin Mu’tamar, menyampaikan bahwa saat dilakukan pengamatan, kondisi cuaca kurang mendukung lantaran tertutup awan tebal. Bahkan hingga memasuki pukul 17.57 WIB petang, posisi hilal juga tidak dapat terlihat.

“Kami telah melakukan berbagai persiapan dan pengamatan dengan seksama, namun karena kondisi cuaca yang kurang mendukung (tertutup awan), hilal tidak dapat terlihat,” tutur Khozin.

Meskipun hilal tidak dapat terlihat, Tim Falakiyah tetap melanjutkan kegiatan tersebut hingga berjalan lancar dan penuh kebersamaan. “Semua peserta berharap pada kesempatan berikutnya kondisi cuaca lebih mendukung sehingga pengamatan hilal dapat dilakukan dengan lebih optimal,” imbuh Khozin.

Selain Tim Falakiyah MWC NU Wuluhan, kegiatan ini juga diikuti oleh pengurus Tanfidziyah dan Syuriah MWC NU Wuluhan, MWC NU Patrang, PCNU Kencong, Pengurus Pondok Pesantren Assuniyah Kencong, Pimpinan Daerah LDII Jember, serta perwakilan dari organisasi masyarakat lainnya.

“Kegiatan Rukyatul Hilal ini tidak hanya penting untuk penentuan awal bulan dalam kalender Islam, tetapi juga sebagai sarana mempererat silaturahmi dan kerja sama antarorganisasi,” pungkas Khozin.

Editor: Maulana
Publisher: Irwansyah

banner 325x300