Jelang Idul Fitri, PW NU Jatim Ajak Masyarakat Disiplin Prokes

0
18
Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember
Doc. PCNU Jember : Dr. KH. Abdullah Syamsul Arifin, M.HI., Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember

Jember, pcnujember.or.id – Jelang hari raya Idul Fitri, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) Jawa Timur menghimbau warga untuk disiplin menjaga protokol kesehatan (prokes) jelang hari raya Idul Fitri. Hal ini menyusul melonjaknya kasus positif covid-19 di beberapa daerah.

Himbauan itu dituangkan dalam seruan PW NU Jatim yang disosialisasikan dalam rapat antara PW NU Jatim dengan seluruh pimpinan PC NU se Jatim pada Selasa (27/04) kemarin. Beberapa poin seruan antara lain
1. Terus meningkatkan kewaspadaan diri dari ancaman Covid-19 dengan selalu memakai masker saat keluar rumah, rajin cuci tangan dan menghindari kerumunan. Hal itu tetap harus dilakukan meski sudah mendapatkan vaksin.
2. Warga NU juga diminta untuk menjalani ibadah dengan disiplin protokol ketat.
3. Menghimbau bagi warga yang berada di zona merah, untuk melaksanakan salat id di dalam rumah. Sedangkan jika wilayahnya masuk zona kuning, oranya apalagi hijau, dipersilakan untuk mengikuti salat id di masjid atau lapangan sebagaimana biasanya. Namun, protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak, tetap harus dilaksanakan dengan disiplin.
4. Selain itu, warga juga diminta untuk mengutamakan silaturahmi lebaran dengan menggunakan perangkat teknologi seperti video call dan sebagainya
5. PW NU Jatim meminta pemerintah daerah, untuk tidak ragu mengambil sikap tegas yang bijaksana, dalam rangka menegakkan protokol kesehatan. Hal ini demi menjaga keselamatan jiwa seluruh warga melalui pembatasan mobilitas yang berpotensi memunculkan kerawanan penularan Covid-19.

Himbauan ini juga diteruskan oleh PC NU Jember kepada seluruh warga nahdliyin. Menurut Ketua PC NU Jember, KH Dr Abdullah Syamsul Arifin MHI, himbauan tersebut dikeluarkan NU sebagai bentuk tanggung jawab jam’iyyah (organisasi) untuk bersama-sama membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 ini.

“Sebagai ormas dengan anggota terbesar di Indonesia, NU punya kewajiban untuk bersama-sama mengajak masyarakat disiplin dengan prokes. Karena, kalau ada yang kurang disiplin, maka akan semakin lama kita harus melawan pandemi ini,” ujar KH Abdullah Syamsul Arifin, Ketua PC NU Jember, saat dikonfirmasi usai mengikuti rapat zoom tersebut.

Editor : Faizin Adi

Publisher : Irwansyah GI