Jas Hijau, Jangan Sekali-kali Lupakan Jasa Ulama
Ansor  

Begini Cara GP Ansor Kaliwates Sambut Maulid Nabi dan Hari Santri

Mochammad Najibulloh/MWC NU Kaliwates: Giat Ansor Kaliwates.

Kaliwates, pcnujember.or.id

Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor NU Kecamatan Kaliwates menggelar tanam bibit pohon trambesi sebanyak 500 bibit, di sekitar Sungai Jompo dan Sungai Bedadung Kaliwates, Sabtu, (17/10/2021).

Kegiatan itu dilaksanakan bersama komunitas gabungan dari mahasiswa/i Universitas PGRI Argopuro Jember (UNIPAR JEMBER), petugas Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPU BMSDA), juga sahabat-sahabat Ansor Kaliwates yang sangat kompak dan antusias.

Ketua GP Ansor NU Kaliwates M Salman Al-Farisi menjelaskan, ada banyak gerakan menanam pohon, seperti dalam Gerakan Sejuta Pohon Sedunia setiap 10 Januari. Kendati begitu, aksi serupa juga bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. “Seperti yang dilakukan oleh Ansor Kaliwates. Tanam pohon untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2021,” jelasnya.

Mochammad Najibulloh/MWC NU Kaliwates: Giat Ansor Kaliwates.

Menurut dia, penanaman pohon itu memiliki fungsi dan tujuan sangat mulia. Seperti meningkatkan kadar oksigen di Kecamatan Kaliwates sekaligus bentuk kepedulian terhadap lingkungan (Hablum minal alam).

Selain itu, gerakan tersebut diakuinya murni untuk mengajak diri sendiri, teman-teman, dan masyarakat umum agar senantiasa menjaga kelestarian dan keseimbangan alam. “Kita harus bersahabat dengan alam, peduli dengan kelestariannya. Sehingga bisa tercipta keseimbangan yang akan mencegah berbagai bencana yang sewaktu-waktu datang,” kata Salman.

Mereka berharap, kegiatan serupa bisa terus digalakkan. Tak hanya di sekitar lingkungan atau Sungai Bedadung di Kaliwates, namun di semua daerah. “Sehingga menjadi penting pelaksanaan kegiatan ini, agar bumi yang menjadi pijakan kita semakin membaik dan terpelihara,” pungkasnya.

Reporter: Mochammad Najibulloh
Editor: Maulana