- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
AnsorPererat Kader NU, Ansor Rambipuji Gelar PKD di Rangkaian HSN

Pererat Kader NU, Ansor Rambipuji Gelar PKD di Rangkaian HSN

Rambipuji,pcnujember.or.id – Peringatan Hari Santri Nasional kali ini, Rambipuji tidak hanya sekedar melaksanakan apel. Kegiatan lanjutan setelah apel yaitu Latihan Gabungan (Latgab). Kegiatan Latgab ini diprakarsai oleh GP Ansor Rambipuji beserta para panitia HSN lainnya pada hari Sabtu, 23 Oktober 2021 kemarin.

Kegiatan Latgab tersebut berlangsung sejak jam 14.30 WIB itu dengan serangkaian acara, diantaranya ceremonial, PBB, atraksi, PKD, Jelajah malam dilanjut outbond.

Menurut Ketua PAC GP Ansor Rambipuji, M. Badril Umam, kegiatan PKD ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Indonesia, khususnya kecamatan Rambipuji sendiri. “Karena kegiatan hari ini akan diberi wawasan kepada para pemuda untuk menggerakkan dalam kegiatan-kegiatan sosial lainnya. Dan belajar bersama tentang pengkaderan dasar,” tutur M. Badril Umam.

Diharapkan, Latgab bisa membawa kekompakan yang menjadi kunci pertama dalam berorganisasi. “Pada zaman millenial ini susah ditebak. Berkembangnya teknologi, mengacu timbulnya suatu hal yg tidak diinginkan bisa terjadi. Untuk itu, sejak dini harus diperkuat. Jangan hanya memakai seragam saja, tapi juga harus mengerti apa arti dari seragam yg dipakai,” ujar M. Badril Umam.

Selanjutnya, acara Pendidikan Kader Dasar (PKD) yang diikuti kurang lebih 50 peserta ini diisi materi tentang Kepemudaan oleh Ketua PC GP Ansor Jember, Izzul Ashlah. Senada dengan Badril Umam, Izzul juga menenkankan pentingnya persatuan antar seluruh elemen dalam banom yang ada di NU.

“Peran pemuda NU, bisa sebagai perantara hajat hidup orang banyak. Sebarkanlah NU sesuai dengan bidang kita masing-masing,” ujarnya. Izzul juga mendorong agar para pemuda NU ini bisa lebih aktif berkontribusi nyata di masyarakat. Dengan niatan untuk kepentingan pribadi, tetapi untuk kepentingan yang lebih laus.

“Harus menguasai struktur-struktur yang ada di Rambipuji sesuai dengan bidangnya masing-masing. Niatkan bukan untuk kepentingan pribadi tapi untuk masyarakat lebih luas agar barokah,” papar Izzul.
Sementara itu, Kyai Mustaqim Asnawi selaku Ketua Syuriyah MWC NU Rambipuji, juga menambahkan pentingnya kekuatan dan semangat untuk bersatu.“Lidi yang hanya satu tidak akan bisa membersihkan sampah yang ada, tapi lidi yang banyak bisa membersihkan sampah yang berserakan karena bisa menjadi lebih kuat,” tutur Kyai Mustaqim.

Kegiatan PKD tersebut diharapkan bisa melanjutkan kader-kader untuk tidak berhenti di situ saja, melanjutkan ke jenjang berikutnya. Seperti IPNU lanjut ke ansor, banser, IPPNU lanjut ke Fatayat dan begitu seterusnya.

Reporter: Khusnul Khotimah
Editor : Faizin Adi
Publisher: Irwansyah GI

Berita Lainnya

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Berita Terbaru

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme