banner 728x250

Pentingnya Pemuda NU Ngaji Kitab Hujjah Aswaja

Khusnul Khotimah/MWC NU Rambipuji: Kajian rutinan di Kantor MWC NU Rambipuji.
banner 120x600

Rambipuji, pcnujember.or.id – PAC IPNU-IPPNU Rambipuji mengadakan Rutinan Kajian Kitab Hujjah Ahl Sunnah Waljamaah tiap Ahad (7/2/2021) di Kantor MWC NU Rambipuji.

Dalam pengajian Kitab Hujjah Aswaja itu, diisi langsung oleh Ustadz Umam selaku pengurus Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) dan juga dari pengurus Jam’iyah Ahlu Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyah (JATMAN).

banner 325x300

Baca juga : LazisNU Jenggawah Jadi Percontohan Pemberdayaan Masyarakat

Menurut Ustadz Umam, dalam kitab yang dikarang oleh KH Ali Maksum tersebut, menjelaskan beberapa amalan-amalan Nahdlatul Ulama, diantaranya ziarah kubur, tarawih, tawassul, sholawat, dan sebagainya.

“Kitab ini sangat pas sekali untuk dipelajari bagi kalangan masyarakat. Khususnya pelajar seperti IPNU-IPPNU,” tutur Ustadz Umam, saat menyampaikan materi kajian.

Baca juga : NU Wonojati Dongkrak Kesiapan KartaNU Melalui Lailatul Ijtima

Ia menilai, anak muda sekarang harus dibekali dengan pengetahuan dari para alim ulama, khususnya para pemuda NU. Agar mereka memiliki pemahaman dasar, sehingga tidak gampang terbawa arus. “Kita bisa memahami bahwa segala amaliyah yang selama ini biasa kita lakukan, itu memiliki dasar yang jelas,” tambahnya.

Karenanya dalam kajian tersebut, lanjut dia, juga diberikan beberapa penjelasan dan contoh-contoh masalah yang ada di kehidupan masyarakat. Hal itu diharapkan bisa menambah pengetahuan rekan-rekanita IPNU-IPPNU akan adanya paham-paham yang tidak sejalan dengan Ahl Sunnah Waljamaah atau yang menolak segala bentuk amaliyah warga Nahdliyyin selama ini tanpa dasar-dasar yang bisa dipertanggungjawabkan.

Di pertengahan kajian, juga diisi dengan sesi tanya jawab untuk berdiskusi. Ia berharap, pemuda NU kedepannya bisa lebih memperdalam dan istiqamah mengkaji kitab-kitab Hujjah Aswaja lainnya.

Reporter: Khusnul Khotimah
Editor: Maulana Al Fatih
Publisher: Irwansyah G Ibrahim

banner 325x300