Menggapai Berkah Ramadhan, Gabungan Banom-Lembaga NU Kalisat Gelar Santunan Anak Yatim

0
109
Muftirotul Kubro yang digelar sejumlah badan otonom (banom) NU dan lembaga yang ada di bawah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Kalisat. ( Ismata Arif Gautama/ MWC NU Kalisat )

Kalisat, pcnujember.or.id – Inisiasi baru di gelar oleh sejumlah badan otonom (banom) NU serta lembaga yang ada di bawah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Kalisat. Di penghujung akhir bulan Ramadan, mereka menggelar pertemuan yang tidak biasa namun sarat akan nilai esensial, yaitu acara Bubar atau yang berarti Buka Bersama Akbar.

“Ini merupakan kali pertama di kalangan warga nahdliyin di Kecamatan Kalisat dalam mengadakan acara teresebut yaitu dengan melibatkan setiap banom, simpatisan, serta lembaga lembaga yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama,” ujar Ustadz Mahrus, Ketua MWC NU Kalisat, di sela-sela acara yang digelar pada Rabu (05/05/2021) malam.

Penerapan protokol kesehatan tetap diupayakan sepanjang acara berjalan. Mulai dari penggunaan masker, handsanitizer, jaga jarak dan lain sebagainya. Ustad Mahrus selaku ketua MWC NU Kecamatan Kalisat merasa senang dan bangga dengan terlaksananya acara ini. “Ini adalah kegiatan yang bagus dan bermanfaat bagi kita semua, dimana kita bisa berbagi kepada mereka yang membutuhkan terutama kepada anak yatim lebih khusus pada acara ini.

Baca juga : PC NU Jember – Pagar Nusa Berharap Polisi Tegas dan Tuntas Ungkap Pengeroyokan Pesilat

Semua ini juga tidak mungkin bisa terlaksana dengan baik tanpa kerjasama dari pihak-pihak yang sudah berjuang, membuat perencanaan, menggalang dana dan sumbangan serta dalam menyiapkan apa-apa yang dibutuhkan,” ujar Ustad Mahrus.

pemberian santunan kepada anak yatim dan pemberian bingkisan kepada guru ngaji oleh BMT, MWC, Garda Bangsa Serta Lazisnu Kecamatan Kalisat

Apresiasi juga disampaikan perwakilan dari PCNU Jember yang turut hadir dalam acara tersebut. “Ini bisa menjadi ajang silaturahmi juga untuk meningkatkan kepekaan sosial kita kepada sesama,” ujar Gus Robith Qoshidi, Wakil Ketua PCNU Jember yang juga turut memberikan Kultum menjelang berbuka.

Selain dalam agenda buka bersama dan silaturahmi, acara tersebut juga di isi dengan pemberian santunan kepada anak yatim dan pemberian bingkisan kepada guru ngaji oleh BMT, MWC, Garda Bangsa Serta Lazisnu Kecamatan Kalisat. Di luar itu, ratusan takjil juga dibagikan oleh panitia kepada pengguna jalan raya di sekitar lokasi yaitu di depan kantor MWC NU Kecamatan Kalisat. Panitia gabungan tersebut terdiri dari beberapa banom dan lembaga seperti dari IPNU-IPPNU, Fatayat, Muslimat, Pagar Nusa, GP Ansor, BMT NU, Lazisnu, dan juga Garda Bangsa.

Antusiasme warga sekitar juga para tamu undangan Nampak terlihat dari raut wajah mereka, karena jarang-jarang bahkan pertama kalinya acara ini bisa terselenggara. “Sinergitas bersama, saling mengisi dan menyemangati satu sama lain menjadi kunci berhasilnya acara pada hari ini. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak terutama panitia yang sudah berjibaku dalam kegiatan ini. Semoga tetap kompak selalu dalam kegiatan lainnya nanti,” imbuh Robi Mohammad Arifin, ketua panitia acara.

Reporter : Ismata Arif Gautama
Editor : Faizin Adi
Publisher : Irwansyah GI