banner 728x250

Cara Banser Kalisat Rawat Semangat Nasionalisme

Foto: Para anggota Banser saat mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung. (Dok PAC GP Ansor Kalisat)
banner 120x600

Kalisat, pcnujember.or.id – Sepanjang sejarah, Gerakan Pemuda (GP) Ansor menjadi salah satu elemen anak bangsa yang berikhtiar merawat kecintaannya kepada NKRI. Semangat itu pula yang coba dijaga oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kalisat. Di tengah pandemi yang menuntut berbagai pembatasan sosial, mereka menempuh sejumlah cara untuk tetap merawat spirit nasionalisme.

“Seperti pada 17 Agustus 2021 kemarin, di momen peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke 76 kita menggelar upacara dan pengibaran bendera merah putih di salah satu puncak gunung yang ada di Kalisat, yakni Gunung Sumber Taman Glagahwero,” ujar Shobry Hidayah, Ketua PAC GP Ansor Kalisat, saat berbicang dengan kru pcnujember.or.id pada Selasa (31/08).

banner 325x300

Inisiatif ini digelar, menurut Shobry karena di masa pandemi, perayaan peringatan kerap tidaklah terlalu meriah. Tak ada lagi semarak lomba-lomba tradisional yang digelar di kampung-kampung demi menaati protokol kesehatan (prokes). “Kita juga mengibarkan bendera Ansor dan Banser di samping bendera merah putih,” lanjut Shobry.

Meski digelar secara sederhana beberapa hari yang lalu, acara pengibaran bendera di puncak gunung itu masih amat membekas di hati sejumlah anggota yang terlibat. Sebab, untuk mencapai puncak gunung, dibutuhkan perjuangan yang tak mudah. Para anggota Ansor dan Banser Kalisat ini harus melewati jalan yang penuh semak belukar.
“Perjuangan mencapai puncak ini menjadi bahan refleksi dan pengingat bagi kita, tentang betapa sulitnya perjuangan para pahlawan terdahulu untuk sekedar bisa mengibarkan bendera merah putih. Sangat membekas sekali,” papar Shobry.

Karena itulah, kepada seluruh anggotanya, Shobry senantiasa menekankan tugas Ansor-Banser untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif. (*)

Reporter : Robi Moh Arifin (MWC NU Kalisat)
Editor : Faizin Adi
Publisher : Irwansyah GI

banner 325x300