banner 728x250

Sosialisasi Jember Ramah Santri, RMI NU Libatkan Unsur Birokrasi hingga Kepolisian

Foto/RMI Jember: Sosialisasi Pesantren Jember Ramah Santri, di Aula Kantor DP3AKB Jember, Selasa (16/3/2023).
banner 120x600

Sumbersari, pcnujember.or.id – Pengurus Cabang Rabithah Ma’had Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama Jember, beserta RMI NU Kencong, menyelenggarakan sosialisasi Pesantren Jember Ramah Santri, di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), pada Selasa siang, (16/3/2023).

Kegiatan tersebut berjalan kerjasama RMI NU dengan pihak DP3AKB Jember, Unit Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Polres Jember, serta Kantor Kemenag Jember. Serta diikuti oleh sekitar 40 perwakilan pondok pesantren yang ada di Jember.

banner 325x300

Ketua RMI Jember Fuad Akhsan mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan ke publik bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan yang ramah terhadap para santri atau murid-muridnya.

Karena selain diajarkan ilmu-ilmu agama dan ilmu umum, di pesantren para santri atau murid-muridnya juga diajarkan tentang etika dan budi pekerti. “Alhamdulilah pesantren yang hadir cukup banyak, mereka antusias dan merespon positif,” ujar Fuad.

Ia juga menyampaikan, agenda tersebut juga sengaja melibatkan berbagai pihak sebagai bentuk kolaborasi menjadikan pondok pesantren semakin ramah bagi santri. “Ke depan harapan kami kerjasama ini bisa terus berlanjut, dan akan memberikan dampak positif untuk perkembangan pesantren di Kabupaten Jember ini,” imbuhnya.

Kanit PPA Polres Jember Iptu Dyah Vitasari yang turut hadir saat itu juga mengutarakan serupa. Menurut dia, pesantren dengan pihak PPA Polres sudah semestinya menjalin kemitraan, khususnya dalam hal pendampingan. “Kami berharap hubungan antara kepolisian dan pesantren lebih dekat lagi, terutama dari segi pendampingan perempuan dan anak,” kata Vita.

Kemenag Jember yang saat itu dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Faishol Abrari juga mengharap, pesantren bisa terus menjadi tempat yang paling nyaman untuk anak-anak dalam belajar dan mengembangkan ilmu agama dengan baik. Ia juga menyampaikan ke depan bisa terus bersinergi dan kerjasama dengan berbagai pihak lainnya.

Editor: Maulana
Publisher: Irwansyah GI

banner 325x300