Kembangkan Literasi Santri dengan Lomba Baca Kitab Kuning

0
205
Kembangkan Literasi Santri dengan Lomba Baca Kitab Kuning
Fuad Akhsan/RMI NU : Lomba Baca Kitab Kuning oleh PC RMI NU Jember, Minggu (22/11/2020) di Pondok Pesantren Darussholah Jember.

Kaliwates, pcnujember.or.id Pimpinan Cabang (PC) Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Jember menggelar lomba Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) secara virtual di Pondok Pesantren Darussholah Jember Minggu (22/11/2020) lalu.

Dalam perlombaan itu, masing-masing peserta unjuk kemampuan dalam membaca kitab kuning. Bahkan tidak hanya membaca, mereka juga menyampaikan isi kajian kitab kuning. “Lomba seperti ini dalam rangka meningkatkan budaya baca santri terhadap kitab kuning,” ujar Fuad Ahksan, Ketua PC RMI NU Jember.

Baca juga : Puluhan Anak-anak Ikuti Khitanan Gratis

Dalam lomba yang diikuti sekitar 118 peserta itu, kata dia, mereka berasal dari berbagai pesantren se-Kabupaten Jember. Total sekitar 50 pesantren. Menurutnya, MQK menjadi ajang pengembangan sumber daya pesantren dan peningkatan kompetensi santri. “Musabaqah ini mendorong santri lebih giat belajar sekaligus membawa nama baik pesantren,” jelas pria yang akrab disapa Gus Fuad itu.

Disaat bersamaan, Ketua PCNU Jember KH Abdullah Syamsul Arifin atau yang akrab disapa Gus Aab turut mengapreasiasi terselenggaranya MQK PC RMI NU Jember. Ia menilai, budaya baca kitab kuning di kalangan santri memang masih eksis hingga saat ini. Namun hal itu perlu terus dirawat dan dikembangkan “Salah satunya melalui MQK tersebut. Dan itu sekaligus menunjukkan bahwa ciri khas utama santri yakni bisa membaca kitab kuning,” pungkasnya.

Reporter : Irwansyah GI
Editor : Maulana