Sinergi Ansor Sabrang-Takmir Masjid, Warga Berbondong-Bondong Donor Darah

0
71
Kegiatan donor darah yang diinisiasi Ansor Sabrang bekerjasama dengan Takmir Masjid Rohmatullah. (Foto: Irfan Aminullah / MWC NU Ambulu )

Ambulu, pcnujember.or.id – Tak hanya mengamankan kegiatan keagamaan. Gerakan Pemuda Ansor yang merupakan ormas kepemudaan NU juga aktif melakukan aksi kemanusiaan. Seperti yang dilakukan Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor Sabrang yang menggelar donor darah pada Kamis (25/03/2021).

Aksi donor darah dilakukan di Masjid Rohmatullah, bekerjasama dengan takmir masjid setempat. “Kegiatan ini sudah berjalan 4 kali. Alhamdulillah, berkat dukungan seluruh pengurus Takmir Masjid Rahmatullah dan warga sekitar, rangkaian kegiatan dapat terlaksana dengan baik,” ujar Didik Hariyanto, Komandan Satuan Koordinasi Kelompok (Satkorkel) Ansor Ranting Sabrang saat ditemui tim roporter MWCNU Ambulu.

Baca juga : NU Pakusari Gagas Kemandirian Organisasi

PR Ansor Sabrang melalui Barisan Ansor Serbaguna (Banser) memfasilitasi tim Palang Merah Indonesia (PMI) Jember untuk mendapatkan donor darah dari warga setempat. Pantauan tim roporter MWC NU Ambulu, begitu mobil PMI tiba di lokasi, seorang Takmir Masjid Rohmatullah, bergegas menuju pusat penyiaran masjid.

Melalui pengeras suara, Cak Minarno –sang takmir masjid tersebut- dan mengumumkan, menghimbau untuk seluruh warga jamaah masjid rahmatullah untuk hadir dan berpartisipasi dalam acara donor darah. Hanya berselang beberapa menit, para warga berbondong-bondong ke halaman masjid untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
“Sengaja saya mengumumkan kegiatan donor darah secara lisan dengan pengeras suara untuk mengingatkan warga yang sebelumnya sudah diberikan selebaran informasi dari Ansor terkait kerjasama bidang sosial yaitu donor darah di halaman masjid,” terang Cak Minarno.

Baca juga : Sholawat dan Istighosah, Amaliyah NU yang Perlu Istiqamah

Keikhlasan warga untuk mendonasikan darahnya bagi sesama yang membutuhkan itu, diapresiasi oleh petugas PMI. “Kegiatan donor darah di wilayah Jember Selatan merupakan basis pendonor terbesar mulai dari Ambulu, Wuluhan dan Kencong,” terang Beni, petugas registrasi PMI Jember.

Atim Arba’i yang merupakan Ketua Ansor Ranting Sabrang juga menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan donor darah ini merupakan salah satu realisasi dari amanah program kerja Ansor Sabrang di bidang sosial.

“Meski pandemi masih berlangsung, kegiatan yang telah dicanangkan dalam program kerja harus tetap dijalankan, tentunya dengan menaati protokol kesehatan dan aturan yang ada,” pungkasnya.

Reporter: M. Irfan Aminullah

Editor: Faizin Adi

Publisher : Irwansyah GI